oleh

1.760 Vial Vaksin Covid-19 Jatah Kabupaten Kepulauan Aru Tiba di Dobo

-Daerah-19 views

Kabartoday, DOBO – Sebanyak 1.760 vial vaksin Covid-19 Sinovac, jatah Kabupaten Kepulauan Aru tiba di Kota Dobo, Selasa (26/1/2021). Vaksin Sinovac untuk penangkal virus corona ini diangkut dari Kota Ambon menggunakan Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan ATR 72-600 PK-WGJ. Pesawat ini tiba di Bandara Rar Gwamar Kota Dobo sekitar pukul 10.15 WIT.

Cairan suntik anti virus corona ini didistribusikan dari Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menuju Kota Dobo melalui Bandara Pattimura Kota Ambon. Dalam perjalanan menuju Kota Dobo, vaksin ini dikawal dua anggota Kompi 4 Batalyon A Pelopor Brimob Polda Maluku bersenjata lengkap.

Vaksin yang menaikan semangat hidup warga di tengah teror pandemi Covid-19, dijemput Pejabat Forkopimda Kabupaten Kepulauan Aru. Tampak Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Dobo Letkol Laut (P) Qoirur Roziqin, Kajari Kabupaten Kepulauan Aru Andi Panca Sakti.

Ikut hadir Wakil Bupati Kepulauan Muin Sogalrey, Sekda Kabupaten Kepulauan Aru Drs Moh. Djumpa, Kadis Kesehatan Ny. Y. Uniplaita, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru Hendrik Ngutra, Komandan Kompi 2 Batalyon C Pelopor Brimob Polda Maluku Iptu Hidayat, Pabung Kodim Persiapan Kepulauan Aru Mayor (Inf) Nugroho Notosusanto, dan Kepala PT Pos Indonesia Cabang Dobo Natalia Detta.

BACA JUGA:  Dampak Corona, Warga Perumahan TPL Cengkareng Bagikan 1000 Bungkus Sembako 

Di Bandara Rar Gwamar yang saat itu dalam kondisi hujan, Paket vaksin sinovac ini dipindahkan  dari pesawat pengangkut ke mobil ambulance milik Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru. Selanjutnya, paket vaksin ini dibawa ke Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru di kawasan RSUD Cenderawasih Kota Dobo.

Dalam perjalanan menuju tempat penyimpanan, paket vaksin ini dikawal puluhan personil gabungan TNI/Polri serta Satpol PP Kabupaten Kepulauan Aru. Personil yang terlibat dalam pengawalan antara lain dari Brimob Kompi 2 Batalion C Pelopor, Personil Koramil 1503-03/Dobo, personil Polres Kepulauan Aru serta personil Sat Pol PP Kabupaten Kepulauan Aru yang dipimpin Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru AKP J. Alfons.

BACA JUGA:  Oknum TNI AU Lanud Pattimura di Pusaran Kasus Senpi Ilegal ke Jaringan KKB Papua
Personil gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Aru mengawal proses evakuasi paket Vaksin Sinovac dari Bandara Rar Gwamar menuju Gedung Farmasi di Kompleks RSUD Cenderawasih Kota Dobo, Selasa (26/1/2021).

Kendaraan pengawalan yang dilibatkan antara lain satu unit mobil Patroli Sat Lantas Kepulauan Aru, satu unit mobil Ranger Koramil 1503-03Dobo, satu unit mobil Ranger Brimob Kompi 2 Batalion C Pelopor serta satu unit mobil Ranger Satpol PP Kabupaten Kepulauan Aru. Selain itu, tujuh kendaraan roda dua ikut dilibatkan yaitu lima unit dari PRC Sat Sabhara Polres Kepulauan Aru serta dua unit dari Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor.

Setibanya di gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten  Kepulauan Aru, paket vaksin sinovac dipindahkan dari mobil ambulance menuju gudang tempat penyimpanan vaksin. Gedung ini dilengkapi dengan tiga unit Cool Chain Vaksin serta satu unit freezer untuk menjaga kualitas vaksin serta suhu yang stabil untuk menyimpan vaksin.

BACA JUGA:  Kapolda Banten Pimpin Upacara Pelepasan Alm Brigjen Erwanto Kurniadi 

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kusdarwanto melalui Kabag Ops AKP Florensius Teddy mengatakan sejak vaksin tiba di bandara hingga dibawa ke lokasi penyimpanan di Gedung Farmasi, berjalan dengan aman dan lancar.

“Hari ini, jatah vaksin Sinovac untuk Kabupaten Kepulauan Aru tiba di bandara Rar Gwamar Kota Dobo. Semuanya sebanyak 1.760 vial vaksin sesuai dengan berita acara yang diterima. Paket vaksin sudah diamankan ke lokasi penyimpanan di Gedung Farmasi,” jelas Teddy.

Ia katakan, untuk pengamanan vaksin selama berada di gedung penyimpanan di areal RSUD Cenderawasih Kota Dobo, telah ditempatkan Personel gabungan TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Aru.

Keberadaan gedung Farmasi sebagai lokasi penyimpanan Vaksin Sinovac ini lanjut Teddy, sudah memenuhi standar keamanan.

“Untuk penyimpanan Vaksin Sinovac ini, gedungnya harus memenuhi standar tertentu. Dan Gedung Farmasi ini telah memenuhi standar keamanan dan terhindar dari banjir serta. kebakaran,” bener alumni Akpol tahun 2008 ini.

Untuk menjaga kestabilan suhu pada mesin pendingin, Teddy ungkapkan kepolisian telah berkoordinasi dengan PLN untuk pasokan listrik serta meminta di area tersebut tidak terjadi pemadaman listrik. (Manuel)

Komentar