oleh

10 Orang Pelaku Curas/Curat Dan Jambret di Tanjungbalai Diciduk Tim Gurita Polres Tanjungbalai

Kabartoday, TANJUNGBALAI – Keberhasilan dan power yang ditunjukkan Tim dari satuan khusus Gurita Polres Tanjungbalai selama dua hari berturut – turut, patut diacungkan jempol, dimana telah berhasil dengan optimal mengungkap dan menangkap 10 Orang Pelaku Curas/Curat dan Jambret di Wilayah Hukum Polres Tanjung Balai, Kamis (13/2/2019).

Menurut Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai melalui Kasubag Humas Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan Awak Media menjelaskan, dari seluruh Pelaku Laki – Laki yang telah diamankan tersebut rata rata berumur antara 14 s/d 16 dan masih berstatus Pelajar di salah satu sekolah menengah atas pada wilayah Kota Tanjung Balai.

Ia mengatakan, Pelaku tersebut melakukan beberapa Tindak Pidana Curas/Curat dan Jambret dibeberapa tempat berbeda dalam kurun waktu antara Bulan Januari – Februari 2019 di wilayah Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA:  LSM KPK TIPIKOR Jabar Berkunjung Ke Kesbangpol Jawa Barat

Dijelaskan Kasubag Humas lagi, miris dan ironisnya, didapat dari pengakuan para Pelaku, hasil kejahatan tersebut digunakan untuk uang jajan dan juga sebagian Pelaku mempergunakan untuk membeli dan mengkonsumsi Narkoba jenis Sabu – Sabu.

Iptu Ahmad Dahlan juga mengatakan, para Pelaku semuanya anak – anak Remaja, maka proses Penyelidikan dan Penyidikan (Proses Peradilan) tetap mempedomani ketentuan yang diatur dalam Undang – Undang RI Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

BACA JUGA:  LSM PERKARA DPC Kab. Garut kaji Aduan Warga Pangrumasan

“Karena anak – anak, semua diberlakukan Wajib Lapor dengan dijamin oleh orangtua masing – masing, sesuai ketentuan Hukum Pasal 365 Subs 363 lebih Subs 362 Yo 55 dan 56 KUHPidana”, jelas Ahmad Dahlan.

Dari Penangkaoan para Pelaku berhasil diamankan Barang Bukti diantaranya, 1 unit Sepeda Motor Matic Honda Beat dengan Nomor Polisi BK 5485 QAG, 1 unit Sepeda Motor Matic Honda Vario BK 2029 QAI, 1 unit Sepeda Motor Matic Honda Beat BK 6178 QAH dan 1 unit Sepeda Motor Matic Honda Vario BK 6296 QAE, serta 1 Unit Handphone Merek Vivo. (Okta/Saufi)

BACA JUGA:  Program Belajar 3-2-1 ala SMPN 6 Ambon, Pertama di Indonesia Timur

Komentar