oleh

100 Pecatur Lima Provinsi Ramaikan Turnamen Catur Kapolres Buru Cup 2019

Kabartoday, NAMLEA – Sebanyak 100 pecatur dari lima provinsi ambil bagian dalam kejuaraan catur terbuka memperebutkan piala bergilir Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Kertapati Purnama,SIK,M.Si.

100 pecatur ini berasal dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan serta Provinsi Bali. Sejumlah pecatur bergelar Master Nasional (MN) ikut beradu peruntungan di kejuaraan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 73.

Kejuaraan catur hadiah bonus mencapai Rp 31,4 juta ini telah dibuka resmi oleh Bupati Namlea M Ramly Umasugi yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Buru Ir. Masri, Senin (1/7) malam di depan bundaran tugu tani Kota Namlea.

Dalam sambutan sebelum membuka kejuaraan ini, Masri katakan Pemkab Buru menyambut baik dan memberi apresiasi atas terlaksananya kejuaraan catur ini.

BACA JUGA:  Ketua Persit Apresiasi Pemanfaatan Lahan Koramil 03 Sukmajaya Depok

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Buru, kami apresiasi terhadap kegiatan open turnamen catur yang diselenggarakan malam ini,” ungkapnya.kataka

Asisten I Sekda Kabupaten Buru Ir. Masri saat menyampaikan sambutan pada pembukaan kejuaraan catur Kapolres Buru cup 2019

Ia katakan kegiatan yang diselenggarakan Polres Pulau Buru ini selain sebagai ajang berlomba, juga merupakan ajang silaturahmi yang tidak saja untuk daerah Kabupaten Buru tetapi juga untuk peserta dari beberapa provinsi lain yang ikut berpartisipasi.

“Permainan catur ini sesungguhnya adalah satu permainan untuk melatih otak, melatih kemampuan kita mengambil keputusan-keputusan cepat dan yang terbaik sehingga akan mengasah kemampuan kita. Itu juga¬†nantinya akan mampu menggairahkan para pecatur yang ada di daerah ini sehingga mereka akan lebih semangat untuk berlatih bisa memasuki arena pertandingan seperti ini,” jelas Masri.

BACA JUGA:  K3S Kampar Serahkan 60 Paket Lebaran

Dirinya juga mengatakan, pada kesempatan yang baik ini merupakan semangat baru untuk para generasi muda di Kabupaten Buru untuk bisa mempelajari dan mengambil pengalaman agar bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif seperti ini.

Pada kesempatan itu, Masri juga memberi apresiasi baik terhadap Polres Pulau Buru yang beberapa hari terakhir ini sudah menyelenggarakan beberapa turnamen yang cukup menyita perhatian masyarakat Kabupaten Buru.

Pada kejuaraan catur ini, bertindak selalu pengadil atau wasit yaitu Wasit Nasional (WN) Rusly Arief Fanumby. Ia katakan, untuk nomor perorangan akan berjalan sebanyak enam babak, sementara untuk nomor beregu yang diikuti sekitar 30 regu ini akan dijalankan dalam lima babak. Kejuaraan ini direncanakan berlangsung hingga Rabu (3/7) mendatang.

BACA JUGA:  Pemilik PT Nusa Indonesia Jadi Buah Bibir Warga Seram Utara

Hadir pada acara pembukaan catur ini Dandim 1506 Namlea Letkol Inf Syarifuddin Azis,S.Ag,M.I.Pol, Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa,SE,M.Si serta perwakilan Pengurus Daerah Percasi Maluku.

Hadiah yang akan diberikan untuk para juara baik 1, 2 dan 3 nomor perorangan dan beregu akan mendapat piala. Untuk bonus nomor perorangan peringkat 1 sebesar Rp. 5 juta, peringkat 2 Rp. 3,5 juta, peringkat 3 Rp. 2 juta, peringkat 4 Rp. 1 juta. Peringkat 5-7 sebesar Rp. 500 ribu dan peringkat 8-10 sebesar Rp. 300 ribu.

Bonus untuk beregu peringkat 1 Rp. 7,5 juta, peringkat 2 Rp. 5 juta, peringkat 3 Rp. 2 juta dan peringkat 4 sebesar Rp. 1 juta. Selain itu semua pemenang akan mendapatkan Piagam penghargaan. (MAL)

Komentar