oleh

11 Bulan Usaha Ternak Berjalan, Ketua LKPK Teritorial Jabar Angkat Bicara

KabarToday, BEKASI – Menindak lanjuti dari pemberitaan beberapa media masa beberapa bulan yang lalu (red-27/11/2019) tentang keluhan warga sekitar, terkait dampak dan izin kandang peternakan yang di miliki oleh H Drs Suwono S.Pd yang berlokasi di Kampung Setu, Desa Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang diduga kuat usaha tersebut belum mengantongi izin resmi dari Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi.

Akhirnya Ketua Teritorial Provinsi Jawa Barat Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK), Syahrudin Hidayat yang akrab disapa Ragil angkat bicara. Terkait perizinan dan dampak kandang ternak sapi milik H Drs Suwono di kantor Dewan Teritorial Jawa barat yang terletak di Kampung Cikoronjo, Desa Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Senin (3/8/20).

“Kok bisa ya, izin belum ada, usaha sudah berjalan. Harusnya lengkapi dulu baru usaha berjalan terlebih adanya dampak untuk lingkungan dan warga sekitar, terlebih belum mengantongi izin dari dinas terkait,” ucap Syahrudin, Ketua LKPK di kantornya.

BACA JUGA:  Kadus Ahmad Jakfar Shidiq Bertekad Wujudkan Kebalen Lor Sejahtera Damai dan Aman

Masih kata Ragil, dirinya akan menindak lanjuti ke dinas terkait untuk laporan tersebut. “Supaya para pelaku usaha taat aturan yang berlaku di Kabupaten Bekasi, khusunya Jawa barat,” ulasnya.

Dijelaskan Ragil, ketentuan pemerintah sesuai dengan Permendagri No 27/2009 tentang pedoman penetapan izin gangguan daerah, UU No 41/2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

BACA JUGA:  Keamanan Tanggung Jawab Bersama, IMM Dukung Kapolda Maluku Jaga Kamtibmas

Muhamad Kurnaepi, SE Camat Cibarusah sempat mengkroscek kandang tersebut beberapa bulan yang lalu,

“Terima kasih atas infonya mas, kita akan segera kroscek dulu, saya akan segera menugaskan Kepala Seksi Ekbang dan Kepala Seksi Trantib untuk kroscek ke lokasi, (2/12/2019) silam.

Di waktu yang bersamaan, awak media mengkonfirmasi melalu pesan WhatsApp ke pemilik usaha ternak H. Drs Suwono terkait perizinan selama 11 bulan usahanya berjalan, sudah sampai mana?
“Izin RT, RW dan Kepdes,” tulis Suwono melalui pesan WhatsApp nya.

BACA JUGA:  Polres dan Pemda Kab. Gresik Lakukan Pembinaan Kepada Kepala Sekolah Sekabupaten Gresik

Sementara Syahrudin berjanji akan menyikapi keluhan yang ada ke tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. “Terlebih data yang kita punya akurat, karena yang bersangkutan ada indikasi mengindahkan aturan yang berlaku. Apalagi sudah 11 bulan berlalu dipastikan ada sanksi buat yang besangkutan. Mari teman-teman media kita tindaklanjuti,” tutup Syahrudin. (tom) 

Komentar

News Feed