oleh

16 Taman Kota di DKI Jakarta Resmi Dibuka

Kabartoday, Jakarta,- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk publik dengan pengunjung dibatasi 50 persen, terhitung mulai sabtu, (13/6/2010).

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati di Jakarta, pada Jumat (12/06/2020), mengatakan pembukaan taman kota yang ditutup sementara untuk masyarakat umum akibat pandemi COVID-19 sejak 13 Maret 2020 itu, dilakukan di 16 lokasi dengan memperhatikan area zona aman serta pengamanan di taman tersebut.

Lebih lanjut Suzi menjelaskan bahwa,”Pembukaan RTH pada fase awal ini akan terus dilakukan evaluasi serta memperhatikan perkembangan dari penyebaran COVID-19. Apabila keadaan menjadi lebih baik, akan dilakukan pembukaan RTH selanjutnya sesuai hasil evaluasi. Tetapi, bila keadaan memburuk, RTH dapat ditutup kembali,” ujar Suzi Marsitawati, dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat (12/6/2020).

Suzi menjelaskan Ragunan rencananya akan dibuka pada 20 Juni 2020. Menurutnya, pintu masuk yang dibuka berada di pintu utara, yang berada di Jalan Harsono RM dan pintu barat di Jalan Kaveling Polri, Cilandak KKO.

BACA JUGA:  Paus Vatikan Kunjungi Maroko, Ini Pesan Lengkap Paus Fransiskus ke Rakyat Maroko

Suzi mengatakan, anak berusia 0-9 tahun dan lansia berusia di atas 60 tahun tidak diizinkan masuk ke Taman Marga Satwa Ragunan. Jumlah pengunjung pun dibatasi dengan maksimal 1.000 orang.

Suzi menjelaskan jumlah pengunjung juga akan dibatasi ketika RTH kembali dibuka pada masa PSBB transisi ini. Selain itu, warga sudah diizinkan berziarah kembali ke tempat pemakaman umum (TPU) dengan jumlah dibatasi 50 persen.

Berikut RTH yang dibuka pada fase pertama setelah ditutup pada 13 Maret 2020:
a. Jakarta Pusat:
• Taman Lapangan Banteng

b. Jakarta Selatan:
• Taman Tebet
• Taman Kebagusan I
• Taman Tabebuya
• Taman Gandaria Swadarma
• Taman Gandaria Tengah

c. Jakarta Utara:
• Taman Sungai Kendal
• Taman Serang Bango
• Taman Bintaro

BACA JUGA:  Bus PO MGI Terbalik di Tol Jagorawi

d. Jakarta Timur:
• TMB Delonix
• Taman Apung
• Taman PPA
• Taman Bambu
• Taman Piknik

e. Jakarta Barat:
• Taman Green Garden
• Taman Jalur Hijau Kosambi.

Adapun protokol kesehatan yang harus dipatuhi saat berkunjung ke RTH antara lain:

a. Pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50% dari jumlah normal disesuaikan kapasitas RTH
b. Menggunakan masker saat berkunjung ke RTH
c. Mencuci tangan dan membawa hand sanitizer
d. Menjaga jarak antarorang kurang-lebih 2 meter
e. Tidak berkunjung dengan kondisi sakit atau suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius
f. Tidak berkunjung ke RTH untuk usia di atas 60 tahun dan anak-anak (0-9 tahun), atau juga warga yang mempunyai penyakit bawaan atau komplikasi lainnya, seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, pernapasan, dan lainnya
g. Menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya
h. Tidak menggunakan fasilitas bermain anak, olahraga, dan tempat duduk
i. Saat di RTH, masyarakat diharapkan selalu bergerak dan tidak duduk, apalagi berkumpul dan berkerumun
j. Tidak menggunakan kendaraan sepeda motor/mobil, serta dilarang parkir di area RTH.

BACA JUGA:  BPK RI Temukan Pengelolaan Dana Desa Kurang Baik, Jadi Agenda Perioritas DPRD Situbondo

Sementara itu, Ir.M. Fajar Sauri, M.Si, Kepala Bidang Taman Dinas Pertamanan dan kehutanan DKI Jakarta, pada Sabtu (13/06/2020) mengatakan bahwa,”Hari lni merupakan perdana dibuka kembali 16 Taman untuk umum dalam masa PSBB Transisi. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, tetap menerapkan protokol kesehatan kepada setiap pengunjung yang datang ke taman dengan mengecek suhu tubuh pengunjung, mencuci tangan dan mengisi daftar hadir pengunjung dengan memperlihatkan KTP. Dan di ingatkan kembali kepada teman-teman yang ingin berkunjung ke taman untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, tetap memakai masker dan membawa indentitas diri. Tetap ikuti tata tertib di taman dan selalu jaga kesehatan,” jelas Fajar. (Hrs/red)

Komentar