oleh

16 Uskup Kunjungi Ambon Hadiri Perayaan Episkopal Uskup Diosis Amboina

-Daerah-229 views

Uskup Diosis Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi,M.S.C

Kabartoday, AMBON – Sebanyak 16 orang Uskup dari berbagai Keuskupan se-Indonesia mengunjungi Kota Ambon. Tujuan lawatan mereka untuk menghadiri acara episkopal yaitu perayaan 25 tahun tahbisan Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi,M.S.C.

Perayaan episkopal ini akan dirayakan seluruh umat Katolik Keuskupan Amboina khususnya di Kota Ambon pada Rabu sore (18/9) di Gedung Serbaguna Xaverius jalan Pattimura Kota Ambon.

Uskup adalah pimpinan Gereja setempat yang bernama Keuskupan dan merupakan bagian dari hierarki Gereja Katolik Roma setelah Sri Paus (Uskup Agung Roma) dan Kardinal. Dalam kedudukannya ini, Uskup sering disebut sebagai pengganti dari para rasul Kristus. Setiap Uskup, karena tahbisannya, dengan sendirinya menjadi bagian dari jajaran para Uskup sedunia (Collegium Episcopale) di bawah pimpinan Sri Paus dan bertanggungjawab atas seluruh Gereja Katolik (Paroki) yang berada di dalam wilayah Keuskupan-nya. Dalam Gereja, kedudukan Uskup bersifat seumur hidup dan diangkat oleh Tahta Suci (The Holy See) di Vatican,Roma. Gereja memberikan gelar Monsignore kepada seseorang yang secara sah diangkat menjadi Uskup.

BACA JUGA:  Dirut KAI dan MRT Bentuk Usaha Patungan Integrasi Moda Transportasi

Dari informasi serta jadwal yang dihimpun di sekretariat panitia Selasa siang (17/9), dari 16 orang Uskup yang memastikan hadir pada acara perayaan episkopal Uskup Diosis Amboina Mgr. PC Mandagi,M.S.C, sebanyak 10 orang dijadwalkan tiba di Kota Ambon pada Selasa (17/9).

Para uskup yang dijadwalkan hadir lebih awal yaitu Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan,O.Carm (Keuskupan Malang), Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu,M.S.C (Keuskupan Manado), Mgr. Yosep Theodorus Suwatan,M.S.C (Uskup Emeritus Manado). Kemudian Mgr. Aloysius Sudarso,S.C.J (Keuskupan Agung Palembang), Mgr. Petrus Turang,Pr (Keuskupan Agung Kupang), Mgr. Agustinus Agus (Keuskupan Agung Pontianak), Mgr. Paskalis Bruno Syukur,O.F.M (Keuskupan Bogor), Mgr. Yohanes Harun Yuwono (Keuskupan Tanjung Karang), Mgr. Aloysius Murwito,O.F.M (Keuskupan Agats) dan Mgr. Edmund Woga,C.Ss.R (Keuskupan Weetebula).

BACA JUGA:  Si Cantik Pemain Voli Andalan SMAN Kamparkiri Terancam di Amputasi

Sementara enam Uskup lainnya dijadwalkan akan menginjakan kaki di Kota Ambon pada Rabu (18/9) yaitu Mgr. Ignatius Suharyo (Keuskupan Agung Jakarta). Suharyo sendiri sejak 1 September telah diangkat oleh Paus Fransiskus menjadi kardinal bersama 12 kardinal baru lainnya di seluruh dunia. Pelantikan Ignatius sebagai kardinal akan dilakukan dalam Consistorium (Sidang Para Kardinal) pada Sabtu (5/10) nanti di Vatikan.

BACA JUGA:  Korban Kebakaran di Ancol, Sudin SOS Jakut Siapkan 12.000 Porsi Makanan Per Hari

Uskup lainnya yaitu Mgr. Martinus Dogma Situmorang (Keuskupan Padang), Mgr. Petrus Boddeng Timang (Keuskupan Banjarmasin), Mgr. Yustinus Harjosusanto, M.S.F (Keuskupan Agung Samarinda), Mgr. Aloysius Sutrisnaatmaka, M.S.F (Keuskupan Palangkaraya) serta Mgr. John Liku Ada (Keuskupan Agung Makassar).

Para uskup ini akan berada di Kota Ambon selama dua sampai tiga hari. Selama berada di Kota Ambon, mereka akan menginap di Hotel Santika, jalan Jenderal Sudirman Desa Baru Merah Kecamatan Sirimau. (MAL)

Komentar