Tante Penikmat Shabu ini Dituntut 9 Tahun Penjara

113

Penulis: Arman Maulana

Kabartoday.co.id – SURABAYA, Lany Adinata (43), yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini dituntut 9 Tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Damang Anubowo dari Kejaksaan Negeri Surabaya.

Perempuan yang biasa dipanggil tante ini dianggap diduga kuat melakukan permufakatan jahat menyalahgunakan narkotika golongan I Jenis Shabu-sabu (SS).

Dalam surat tuntutan nya, JPU berkeyakinan bahwa terdakwa terbukti bersalah malakukan tindak pidana, pemufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menguasai atau menyediakan narkotika golongan 1.

Terdakwa oleh JPU dijerat menggunakan dakwaan melanggar pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1). UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Menjatuhkan tuntutan pidana tehadap terdakwa Leny Adinata selama 9 thn, denda 800 Juta dan Subsider 3 Bulan penjara,”ucap Jaksa Damang di ruang sidang Garuda Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (20/11/2017).

Adapun pertimbangan yang memberatkan, tindakan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam hal pemberantasan narkotika.

Sedangkan hal yang memperingankan, terdakwa mempunyai tanggungan keluarga dan bersikap sopan selama dalam persidangan.

Atas tuntutan ini, terdakwa yang didampingi oleh kuasa hukumnya Fariji dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lacak, mengatakan akan melakukan upaya pembelaan atau Pledoi.

“Kami akan melakukan pembelaan, yang mulia hakim,” ucap Fariji dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh hakim Dede Suryaman.

Kasus ini berawal saat petugas Polisi Polrestabes Surabaya melakukan penangkapan terhadap terdakwa Leny, saat penggeledahan ditemukan barang bukti 3 poket sabu  dengan berat masing-masing + 0,42, + 0,42 , + 0,38 gram beserta pembungkusnya dengan jumlah keseluruhan + 1,22 gram beserta pembungkusnya yang terletak di dalam dompet milik terdakwa.

Dari hasil introgasi petugas terdakwa mengaku mendapatkan barang haram itu dari seseorang bernama Hanafi (berkas terpisah)

Comments

komentar