Lapas Paledang: Tidak Semua Penghuni Punya Hak Suara

55

Penulis: Hans Suta

 

Kabar Lapas – Lembaga Pemasyarakatan Paledang, Bogor terlihat asri pada Selasa (26/6) pagi. Para penghuni Lapas sudah mulai masuk ke ruangannya masing setelah berjemur pagi hari di lapangan tengah area Lapas.

Sebagaimana perintah harian Dirjenpas Sri Puguh Budi Utami, nomor 5, Bangun Sinergitas untuk menciptakan inovasi dan Legacy, maka Ketua Presidium Ikatan Polisi Mitra Masyarakat Indonesia (IPMMI) Suta Widhya SH berkepentingan mengunjungi Lapas Paledang dalam mengamati kesiapan Lapas untuk pelaksanaan pemungutan suara bagi para penghuni Lapas Paledang, Bogor.

Terlihat KPLP Tomi dan Staf Lapas lainnya duduk-duduk di bawah tenda bundar di depan pos penjagaan lapis kedua.

Wahyu, salah seorang petugas Lapas memberi keterangan bahwa cuma ada 233 surat suara di Lapas Paledang dari 850 orang yang diajukan oleh Kalapas. Mengapa 600 orang lebih tidak punya hak pilih?

Ini fakta cukup menarik. Sewajarnya mereka semua dapat suara sebanyak yang diajukan. Dengan pertimbangan, suket dari kelurahan masing masing sebagai ganti Ektp bisa diurus oleh petugas kelurahan masing-masing dari para penghuni.

Data April 2018, ada 1007 orang penghuni Lapas Paledang, Bogor. Mereka terdiri laki laki 926 orang, yaitu 758 orang nara pidana dan 168 orang tahanan. Ada 87 orang perempuan, dimana 61 orang adalah napi dan sisanya 26 orang sebagai tahanan.

Sementara kami berdiskusi datang 3 orang petugas dari KPUD Bogor. Mereka mengecek persiapan TPS yang ada di Lapas Paledang.Rabu (27/6) Pilkada kota Bogor akan dilaksanakan.

Comments

komentar