Pemalang Jadi Tuan Rumah Hari Koperasi ke 71 Se Jawa Tengah

175

Penulis: Rae

 

Kabartoday, Jateng Pemalang – Peringatan hari koperasi tingkat Jawa Tengah, di pusatkan di Pemalang, dimulai hari Rabu (4/7) sebelumnya, dengan rangkaian Jambore Koprasi yang dilanjutkan hari ini Jumat (6/7) yang dipusatkan segitiga Gandulan lokasi (GCC) “Gandulan Culineray Center” samapai Sabtu (7/7/2018) mendatang.

Seperti biasa Pemkab Rembang selaku koordinator UMKM Jateng, tim nya membawa wujud gunungan yang berisi berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten.

Mulai dari produk olahan makanan ringan dan makanan faforit lainnya, “seperti rengginang, kopi, japit dan manisan siwalan berbagai rasa ditempelkan di gunungan.

Kabid Koperasi Propinsi, dan UKM Kota Semarang, Emi Jumat (6/7), mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi tingkat Provinsi di tahun 2018 ini tiap kabupaten menampilkan produk UMKM.

Seperti rangkaian di Kabupaten Pemalang ini, nanti Puncaknya acara pada hari Sabtu, (7/7) dengan ada grebek gunungan produk UMKM juga menampilkan kesenian tarian tradisional.

“Dalam Grebek gunungan nantinya menampilkan UMKM yang diwujudkan berupa produknya. Kemudian kami menampilkan kesenian khas tong- tong klek dan batik karnival,” terangnya.

Dalam hal ini menurutnya senang dengan apa yang dilakukan pemerintah dalam peringatan Hari Koperasi ke- 71 tahun ini.

“Harapannya sesuai yang sudah kami laksanakan akan bisa menjadi Sokoguru, tutur Emi, dengan logat (bahasa jawa). Agar bisa menjadi contoh untun Koperasi UMKM di daerah masing masing tentunya. Juga dengan gunungan produk UMKM yang mereka pasang dalam Stand tentu bisa membantu UMKM untuk mempromosikan produknya ke luar daerah.

Kata “Emi, kepada kabartoday, tidak hari ini saja sembako murah dibagikan, namun masih ada kartu yang dibagian nanti sore bersamaan Gubernur Ganjar Pranowo lakukan Pembukaan peresmian acara tersebut dan dilanjutkan besok Sabtu.

“Kegiatan hari Koperasi di Pemalang ini, sembako murah melalui kartu yang terbagi hingga besok masih ada kesempatan untuk mendapatkan “Ujarnya.

Jadi penebusan paket sembako murah untuk Masyrakat tidak hanya sekali saja. Karena Bagi masyarakat untuk mendapatkanya dari harga Net 60 rb rupiah menjadi 10 rb rupiah dengan menggunakan kartu yang dibagikan.

Di sela sela keramain, Kepala Dinkoperindagkop Hepy, saat temui Media kabartoday “Kami sangat senang sekali, karena ini juga bagian dari pemasaran, pengenalan produk Unggulan UMKM di Wilayah Kabupaten Pemalang khususnya, juga ditiap Daerah lainnya.

Harapannya, dalam momen ini “bisa untuk sharing Produk Unggulan UMKM daerah, dengan satau sama lain agar menambah pengalaman. Ada kesmpatan Karena ini momen di tingkat jawa tengah,” ujarnya.

Rangkaian Hari Koperasi Tingkat Jateng dimulai Rabu, (4/7/2018) dengan Jambore Koperasi di Pemalang selama tiga hari. Kemudian hari Jumat sore sarasehan di R-Gina Hotel, dan malam harinya dilanjutkan pembukaan pameran produk UMKM, se Jateng di GCC “Gandulan Culinery Center” Pemalang.

Comments

komentar