Daftar Negara Dengan Paspor Terkuat Dan Terlemah Di Dunia, Indonesia Diperingkat Ke Berapa

58
Foto. Ilustrasi paspor

Penulis: Red

Kabartoday, International, – Bertahun-tahun negara di Eropa menduduki peringkat teratas negara dengan pasopor terkuat di dunia.

Awal 2019 ini justru tiga negara di Asia bercokol di peringkat pertama dan kedua negara dengan paspor terkuat di dunia. Berdasarkan Passport Index 2019, posisi pertama dipegang oleh Jepang dengan bebas bisa ke 190 negara di dunia.

Artinya masyarakat Jepang dapat berkunjung dengan mudah ke hampir seluruh negara di dunia. Saat ini ada 195 negara di dunia. Pada posisi kedua ada Singapura dan Korea Selatan yang bebas visa ke 189 negara. Baru disusul Perancis dan Jerman pada posisi ke tiga yang bebas masuk ke 188 negara.

“Kebijakan pintu terbuka memiliki potensi kontribusi besar ke ekonomi global, serta menciptakan peluang kerja yang signifikan di seluruh dunia. Kenaikan peringkat Korea Selatan dan Uni Emirat Arab baru-baru ini merupakan contoh ketika negara mengambil pendekatan urusan luar negeri yang proaktif. ” 

“Suatu sikap yang secara signifikan berguna bagi warga negara dan juga komunitas internasional,”kata Group Chairman Henlet & Partners dan pembuat Passport Index, Christian Kalin.

Secara rata-rata, masyarakat dunia pada 2019 ini dapat lebih mudah melancong ke negara lain. Dibanding 2006, rata-rata warga dunia hanya memiliki akses bebas visa ke 58 negara. Sekarang meningkat dengan rata-rata 107 negara.

Indonesia sendiri awal 2019 ini berada pada peringkat 59 dunia, dengan jumlah negara bebas visa 74 negara.

Berikut adalah peringkat 20 besar, negara dengan pemegang paspor terkuat di awal 2019: 

1. Jepang 190 negara bebas visa

2. Singapura, Korea Selatan 189

3. Perancis, Jerman 188

4. Denmark, Finlandia, Italia, Swedia 187

5. Luxembourg, Spanyol 186

6. Austria, Belanda, Norwegia, Portugal, Swiss, United Kingdom, Amerika Serikat185

7. Belgium, Kanada, Yunani, Irlandia 184

8. Republik Ceko 183

9. Malta 182

10. Australia, Islandia, Selandia Baru 181

Paspor terlemah

Ketika punya paspor yang memiliki posisi kuat di dunia seperti negara-negara di atas, maka proses masuk ke sebuah negara akan menjadi lebih mudah. Bisa jadi tanpa perlu visa dan biaya sama sekali.

Lain hal jika memiliki paspor yang tidak cukup kuat. Untuk orang Indonesia yang saat ini memiliki akses bebas visa ke 74 negara, dan berada pada peringkat 59 dunia.

Itupun pada kenyataannya, terkadang turis Indonesia masih kesulitan untuk membuat visa.

Namun sebenarnya masih banyak warga negara lain di dunia yang memiliki kesulitan untuk berkunjung ke luar negeri, bahkan lebih sulit dari orang Indonesia.

Warga negara dengan pemegang paspor paling lemah di dunia biasanya tinggal di negara konflik atau bekas konflik.

Group Chairman Henlet & Partners dan pembuat Passport Index, Christian Kalin mengungkapkan bahwa kebijakan suatu negara dan pendekatan proaktif dari pemerintah dapat bermanfaat bagi warga negara dan komunitas internasional.

Berikut adalah daftar dari 7 negara pemegang paspor paling lemah di dunia:

1. Afganistan dan Irak bebas visa ke 30 negara

2. Somalia dan Suriah bebas visa ke 32 negara

3. Pakistan bebas visa ke 33 negara

4. Yaman bebas visa ke 37 negara

5. Eritrea bebas visa ke 38 negara

6. Wilayah Palestina dan Sudan bebas visa ke 39 negara

7. Nepal bebas visa ke 40 negara

Comments

komentar