oleh

21 Kotak Suara di Gudang PPK Kecamatan Tarusan Sumbar Terbakar

Kabartoday, Sumbar – Gudang PPK Kecamatan Tarusan Sumatera Barat terbakar. Gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan surat suara sekecamatan Tarusan ini diduga penyabotasean dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Peristiwa terbakarnya gudang PPK Kecamatan Tarusan terjadi pada hari Senin tanggal 22 April 2019, sekitar pukul 00.45 wib.

Sebelumnya di kabarkan pada hari Jum’at tanggal 20 April 2019 sekitar pukul 10.00 wib telah dilakukan rapat pleno penghitungan suara ditingkat Kecamatan Tarusan, dan berlanjut rekapitulasi penghitungan suara disetiap Nagari.

Menurut saksi kejadian, semula penghitungan suara dilakukan di ruangan Gedung DKP, namun karena banyaknya kotak suara, maka penghitungan dibagi menjadi dua (2), yakni Ruangan DKP dan ruangan pertemuan kantor Camat Tarusan yang letaknya berdampingan.

BACA JUGA:  Hasan Tegur Pria Tua Kencing Ditempat Wudhu Wanita, Kok malah Hasan yang Ditahan Polisi

Menyisiri rentetan peristiwa tersebut, pada hari Minggu tanggal 21 April 2019 penghitungan suara masih dilakukan di dua tempat, Namun sekitar pukul 00.45 wib malam ini penghitungan suara hanya dilakukan diruangan kantor Camat saja, sedangkan kegiatan diruangan DKP dihentikan dan dikunci.

Tak berselang waktu 15 menit, sekitar pukul 00.45 wib insiden terjadi, kebakaran diruangan DKP.

BACA JUGA:  Unpatti Jadi Tempat DPD RI Gelar Uji Sahih Draft RUU PBB

“Awalnya warga tak mengetahui adanya kebakaran tersebut, karena mereka konsentrasi melihat penghitungan suara diruangan kantor Camat. “Kata saksi.

Kejadian tersebut pertama kali dilihat oleh warga yang kebetulan berdiri diluar dan berteriak kalau ada kebakaran.
Secara spontan warga dan petugas yang ada di TKP langsung melakukan pemadaman dan mendobrak pintu Ruangan DKP.

Ada dugaan unsur kesengajaan pembakaran gudang PPK tempat surat suara disimpan, hal itu disebutkan faktanya didepan pintu gudang PPK ditemukan botol plastik yang berisi Bensin.

BACA JUGA:  Safari Ramadhan Provinsi Riau Akan Dipusatkan di Markas Islami

“Diduga gedung tersebut sengaja dibakar dengan cara memasukan Bensin dari celah pintu. “Ucap saksi.

Atas perisitiwa kebakaran tersebut, jumlah kotak suara terbakar sekitar 10 buah yang berada dekat pintu, atau kondisi kotak suara yang terbakar sekitar 60%, dan surat suara yang berada didalamnya masih bisa terbaca.

Warga mendesak kepolisian menyelidiki dan mengungkap dalang dari pemabakaran gudang PPK Kecamatan Tarusan. Warga berpendapat insiden terbakarnya gudang PPK tempat kotak suara dilakukan sangat rapih.(Hrs)

Komentar