oleh

Empat Fraksi di DPRD Banyuwangi Dipimpin Kaum Hawa

Kabartoday, BANYUWANGI – Sebanyak 7 fraksi di DPRD Banyuwangi sudah terbentuk hari ini, Selasa (27/8/19). Menariknya, dari komposisi kali ini, dari 7 fraksi yang terbentuk ada empat fraksi yang dipimpin oleh srikandi politik.

“Sesuai dengan rapat paripurna kemarin, hari ini kita menerima laporan dari masing-masing fraksi tentang komposisi fraksinya. Ada sesuatu yang berbeda, Ketua Fraksinya banyak kaum wanita. Dari 7 fraksi m, ada 4 wanita,” ujatmr Ketua Sementara DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara SE.

Empat fraksi yang ketuanya dipercayakan kepada kaum hawa itu adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat dan Fraksi Golkar. Fraksi PDI Perjuangan diketuai Ficky Septalinda, Fraksi PKB dipimpin oleh Siti Mafrochatin Nikmah, Fraksi Demokrat diketuai Yusieni dan Fraksi Golkar Dipimpin Umi Kulsum.

BACA JUGA:  Bupati Kampar Sebut Infrastruktur Hal Utama Kebutuhan Masyarakat

Dari 50 anggota DPRD Banyuwangi ini, memungkinkan terbentuk 8 fraksi. Dimana PKS dan Hanura memungkinkan bergabung untuk membentuk satu komisi. Namun rupanya PKS dan Hanura lebih memilih bergabung dengan partai lain yang sudah bisa membentuk fraksi secara mandiri.

“PKS akhirnya berlabuh di Gerindra, Hanura memilih bergabung di Golkar,” jelas Made Cahyana.

BACA JUGA:  Karyawati Toko Tradisionil Rogojampi Luka Berdarah-Darah Dianiaya Mr X

Pasca pembentukan fraksi ini, lanjut Made, masing-masing fraksi harus mengirimkan perwakilannya ke Panita Kerja (Panja) untuk penyempurnaan tatib maupun kode etik. Jumlah perwakilan fraksi yang dikirim ke Panja sebanyak kelipatan tiga.

“Karena ini dasar kita dalam berkegiatan sebagai anggota DPRD selama 5 tahun ke depan,” paparnya.

Panja, menurut Made, dipimpin Ruliyono dan Sekretarisnya Ficky Septalinda. Made menargetkan penyempurnaan tatib dan kode etik ini bisa rampung secepatnya.

BACA JUGA:  Kombes Pol Wijonarko Pimpin Upacara Sertijab Kasatlantas Polres Bekasi Kota

“Target dalam seminggu mesti selesai,” pungkasnya. (HS) 

Caption : I Made Cahyana Negara, SE Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyuwangi

Komentar

News Feed