oleh

Beragam Masyarakat Suku Daerah Meriahkan Semalam Nusantara

Kabartoday.sidoarjo – Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) tingkat Kabupaten, menggelar acara Semalam Nusantara di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu malam (9/11/).

Acara yang mengusung tema “Merajut Kebersamaan dalam Kebhinekaan”.Yang dihadiri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dan diikuti 18 anggota suku daerah, di antaranya Aceh, Batak, Nias, Padang, Palembang, Jawa, Bala Ngapak, Madura, Bali, Flores, Bugis, Toraja, Minahasa, Manado, Maluku, Ambon, Papua dan Arab.

Beberapa seni dan budaya yang tampil di antaranya adalah Tari Sekar Jagat dari Bali, Tari Panah dari Ambon, Tari Saman dari Aceh, Lagu-lagu Adat Daerah Etnis Batak hingga musik Gambus Arab, Hadir juga pada acara tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur ahmad Syaifuddin S.H., dan Anggota DPRD Sidoarjo ,Perwakilan Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Jawa Timur, serta Forkopimda Sidoarjo.

BACA JUGA:  Prajurit Komando Tak Terima Istri Mantan Danjen Kopassus Dipolisikan

Tak hanya memperkenalkan keberadaan masing masing suku daerah saja, penampilan produk dan makanan khas daerah, seperti kain,ukiran, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah mengatakan, bahwa kita semua mampu meningkatkan menumbuh kembangkan nilai kebersamaan tanpa memandang suku, ras dan agama.

Selain itu,ia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat harus meningkatkan pemahaman dan penjiwaan terhadap nilai-nilai kebangsaan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan diĀ  masyarakat””Dulu hal ini sudah diwujudkan oleh para pendahulu kita dengan adanya UUD 1945, Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

BACA JUGA:  Heboh.. Driver Ojol Kirimkan Paketan Bersampul Capres 01 Ke Kelurahan Jatipadang

Sekarang kita harus menjaga ini dengan kebersamaan kita, dan kita juga harus menjaga keamanan. Kita akan mendukung program apapun yang membangun bangsa ini,” pungkasnya

Sementara Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Sidoarjo, H. Ahmad Amir Aslichin mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mempersatukan etnis berbagai daerah yang ada diSidoarjo.

Bahwa di Sidoarjo ini banyak suku maupun golongan yang hidup atau menetap di Sidoarjo. “Meski berbeda-beda golongan, kita tetap bersatu, saling menghormati dan menghargai serta saling hidup rukun berdampingan,” katanya.[] Try Agust

Komentar