oleh

Manfaat Pajak Dalam Dunia Pendidikan

Kabartoday.Sidoarjo – Ditengah keraguan masyarakat akan peranan pajak dalam memajukan pendidikan di Indonesia, sebenarnya pemerintah telah memberikan keringanan pajak terhadap institusi pendidikan. Hal ini mengingat pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa dan masih terbatasnya anggaran negara untuk bidang pendidikan.

Dalam peranannya tersebut, pemerintah memberikan insentif bagi organisasi nirlaba yang menginvestasikan penghasilan yang diperolehnya pada pengembangan dunia pendidikan. Terhadap laba yang diperoleh oleh organisasi pendidikan tersebut yang diinvestasikan kembali dalam bentuk sarana dan prasarana pendidikan.

Digelarnya Pameran pendidikan terbesar 2019, Sidoarjo Education and Culture Expo (Sieducex) yang mulai pada tanggal 21-24 November 2019 ini,adalah salah satu contoh bahwa manfaat pajak dalam dunia pendidikan dapat menciptakan
menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik, pendidik dan satuan pendidikan terhadap hasil karyanya yang dipamerkan.

BACA JUGA:  Mayat Ini Ditemukan Dalam Got Akibat Kecelakaan di Duren Sawit

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo,
Drs. Ec. Asrofi, MM, MH mengatakan bahwa, Pendidikan adalah salah satu pelayanan dasar pemerintah,baik pemerintah negara maupun pemerintah Daerah.Ia juga menambahkan bahwa manfaat pajak dalam dunia pendidikan untuk sarana dan prasarana yang meliputi :pembangunan gedung,tempat laboratorium, perpustakaan, rumah dinas dan sarana prasarana sepanjang berada di lingkungan lembaga pendidikan,tuturnya.

BACA JUGA:  2 Pelaku Narkoba Di Desa Kota Garo Diamankan Polisi

Pemerintah memiliki peranan lain dalam pengembangan dunia pendidikan, terhadap sumbangan dari pihak ketiga yang langsung digunakan untuk investasi di bidang pendidikan.Tahun 2019 ini, pemerintah menekankan pada percepatan infrastruktur dan investasi. Meski begitu, pendidikan tidak luput dari prioritas pemerintah.

Di bidang pendidikan dan kesehatan, pajak berfungsi untuk mendistribusikan kesejahteraan masyarakat.Alokasi APBN untuk Pendidikan saat ini sebesar Rp147,6 triliun. Anggaran ini digunakan untuk pencapaian sejumlah sasaran yakni:
Meningkatnya akses layanan pendidikan dasar, dengan indikator banyaknya siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah penerima bantuan Program Indonesia Pintar melalui KIP,

BACA JUGA:  BPK-RI Berikan Opini WTP 2018 Kepada Pemprov DKI, Anies Ucap Syukur

Bantuan operasional sekolah (pusat), tunjangan profesi guru PNS.Pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas.
Meningkatnya kualitas pembelajaran melalui revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK).
Pengelolaan/pengembangan PTN baru dan akademi komunitas.

Selain Pendidikan,manfaat Pajak secara umum yaitu untuk
Fungsi Budgeter, Regulasi, Distribusi, Distribusi dan Stabilitas.Membayar pajak akan memberi banyak manfaat bagi kita sebagai warga negara dan negara sendiri.Masih banyak lagi manfaat Pajak di Indonesia untuk kesejahteraan
Masyarakat. [] Try Agust

Komentar