oleh

ABK Jalani Rapid Tes, Kapal Ikan Dilarang Sandar di Dermaga Dobo

-Daerah-26 views

Kabartoday, DOBO – Satu unit kapal ikan KM Putra Afra Rizki dilarang sandar di Dermaga perikanan Dobo, Kepulauan Aru. Kapal ikan ini hanya diijinkan untuk berlabuh di depan pelabuhan perikanan Dobo. Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 11 orang serta Nakhoda kapal dilarang turun ke darat.

Pasalnya, salah satu ABK bernama Rusli diambil sampel darahnya untuk dilaksanakan Rapid Diagnostic Test (RDT) oleh tim kesehatan dari Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (16/6/2020) sore.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy menjelaskan, kapal ikan tersebut untuk sementara dilarang sandar di pelabuhan perikanan Dobo oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Dobo.

BACA JUGA:  Tak Siap Kalah Caleg PDIP Meninggal Dunia dan Caleg Nasdem Dilarikan Ke RS
AKP Florensius Teddy,SH,S.IK – Kabag Ops Polres Kepulauan Aru.

“Untuk sementara kapal ikan tersebut dilarang sandar di pelabuhan. Kapal ikan itu hanya bisa berlabuh dan seluruh ABK termasuk nakhoda dilarang turun ke darat sambil menunggu hasil pemeriksaan Rapid Test terhadap salah satu ABK yang sakit selama dilaut,” jelas Teddy.

Salah satu ABK KM Putra Afra Rizki bernama Rusli (46) diketahui menderita sakit selama di kapal. Ia mengalami gejala sakit pada bagian tenggorokan, susah makan dan minum serta keluar darah saat batuk. Rusli merupakan warga Kelurahan Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

BACA JUGA:  Laksanakan Amanat PERDA Kab. Garut No. 11/Th. 2011 Kadisdik Instruksikan Tarik Kembali Penjualan Buku Yang Dijual

Teddy yang sebelumnya menjabat Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease jelaskan saat KM Putra Afra Rizki sandar di Pelabuhan Perikanan Dobo, mereka telah ditunggu tim yang diterjunkan Satuan Gugus Tugas PP Covid-19 di Dermaga Pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel darah ABK yang sedang sakit untuk dilakukan RDT.

Tim ini terdiri dari Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Aru berserta empat anggota, tiga tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru serta dia personil Polres Kepulauan Aru.

Tim kesehatan Satuan Gugus Tugas PP Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru menggunakan APD naik ke KM Putra Afra Rizki di Dermaga Pelabuhan Perikanan Dobo untuk mengambil sampel darah ABK yang sakit untuk selanjutnya diperiksa dengan Rapid Diagnostic Test.

Dengan peralatan Alat Pelindung Diri (APD), tim kesehatan naik ke atas kapal dan langsung melakukan pemeriksaan awal serta mengambil sampel darah ABK yang sakit. Selanjutnya sampel darah tersebut dibawa tim kesehatan untuk diperiksa dan ditindaklanjuti.

BACA JUGA:  Lima Pelaku Begal di Palmerah Diterjang Timah Panas, Satu Tewas

Teddy yang merupakan alumni Akademi Kepolisian tahun 2008 ini ungkapkan, sambil menunggu hasil pemeriksaan terhadap sampel darah ABK tersebut, KM Putra Afra Rizki langsung diperintahkan untuk berlabuh di perairan pantai depan Pelabuhan Perikanan.

“Sesuai arahan kepala Pelabuhan Perikanan, kapal tersebut diarahkan berlabuh di depan pelabuhan perikanan dobo. Seluruh ABK berjumlah sebelas orangĀ  dan Nakhoda kapal di larang turun ke darat atau melakukan komunikasi secara fisik dengan orang lain sampai dengan ada petunjuk lebih lanjut,” tandas Teddy. (Manuel)

Komentar