oleh

Air Mata Anggota Iringi AKBP SHS Tinggalkan Mapolresta Ambon

-Daerah-13 views

Kabartoday, AMBON – AKBP Sutrisno Hady Santoso mengakhiri kebersamaan dengan seluruh personil Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Ia melangkah meninggalkan Mapolresta dalam acara pelepasan oleh keluarga besar Polresta.

Didampingi istri tercinta Ny. Poppy Hady, mantan orang nomor satu Polres Ambon ini melangkah mantap meninggalkan halaman Mapolresta Ambon. Barisan pasukan pedang pora oleh 12 perwira pertama terbaik Polresta Ambon mengantar langkah alumni Akpol tahun 1999 ini.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo SN Simatupang bersama istri Ny. Endah Leo kemudian mengalungi bunga warna merah putih ke leher AKBP SHS dan memberikan bingkisan bunga ke Ny. Poppy Hady.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo SN Simatupang mengalungkan bunga ke AKBP Sutrisno Hady Santoso pada acara pelepasan di Mapolresta Ambon Rabu (20/11)

Saat AKBP SHS bersama istri melangkah masuk Barisan pedang pora, isak tangis dan linangan air mata sebagian besar personil yang hadir tak terbendung. Tak pandang polisi pria, polisi wanita, para PNS maupun ibu bhayangkari tak mampu membendung kesedihan mereka akan berpisah dengan AKBP SHS.

BACA JUGA:  Merusak Musholla, Orang Bertato dan Bau Minuman Keras Ini Ngaku Ngak Waras

Para anggota bersama ibu-ibu bhayangkari seakan-akan tak percaya akan ditinggalkan pimpinan yang menurut mereka merupakan sosok yang sangat baik dan sulit mendapat penggantinya. Mereka seperti tak rela berpisah dengan AKBP SHS bersama Ny. Poppy Hady yang dinilai tidak hanya merupakan pimpinan, tetapi juga sudah seperti orang tua, kakak maupun sahabat yang saling membantu dan melengkapi kekurangan dalam kebersamaan tugas di Polres Ambon.

Diiringi puisi Satria Wibawa yang menggambarkan sosok AKBP SHS sebagai seorang pekerja keras dan mengayomi, serta lagu Kemesraan, menambah sedih seluruh peserta acara pelepasan ini.

Usai melewati barisan pedang pora, AKBP SHS bersama istri mulai menyalami satu persatu mantan anak buahnya. Berjabat tangan serta berpelukan tanpa memandang pangkat dan jabatan menampakan kesederhanaan AKBP SHS selama ini dimata anggota.

Dari seluruh personil yang hadir, tampak yang sangat merasa kehilangan sosok AKBP SHS bersama istri adalah Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon AKP Florensius Teddy bersama istri Ny. Ismy Teddy.

Saat berjabat tangan dengan AKBP SHS bersama Ny Poppy Hady, terlihat air mata dan tangis Ny Ismy Teddy tak tertahan. Pelukan Ny Poppy Hady terlihat lama dan punya makna mendalam. Demikian pula dengan AKP Teddy saat dipeluk AKBP SHS sangat erat. Sosok AKBP SHS dan Ny. Poppy Hady bagi AKP Teddy bersama istri bukan hanya sebatas atasan dan bawahan. Tetapi lebih dari itu, AKBP SHS dan istri sudah seperti kakak kandung terhadap AKP Teddy dan istri.

BACA JUGA:  Kapolres Ambon dan Owner Cafe Blitz 92 Bantu Logistik Korban Gempa

Tangisan para anggota yang lain juga makin tak tertahan saat tangan kokoh AKBP SHS menyalami dan memeluk para mantan anak buahnya. Dimata AKBP SHS, seluruh mantan anak buahnya sudah seperti keluarga sendiri. Menurutnya, keberhasilan yang dicapai Polres Ambon saat ia pimpin hingga bisa naik tipe menjadi Polresta bukan semata-mata hasil kerja kerasnya seorang diri, tetapi merupakan kerjasama dan usaha kolektif seluruh keluarga besar Polres Ambon.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama kalian selama ini. Semoga Tuhan memberkati kita semua dalam tugas dan aktivitas kita sebagai insan bhayangkara pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” kata AKBP SHS saat menyalami para anggota.

Usai berjabat tangan dan melangkah keluar gerbang Mapolresta, AKBP SHS telah ditunggu puluhan personil. Mereka kemudian berebutan menggendong AKBP SHS menuju mobil yang telah menunggu.

BACA JUGA:  Hari Ke 2 Lebaran, Karo Ops Polda Banten Pantau Wilayah Lewat Udara

Saat di samping pintu mobil yang telah terbuka, AKBP SHS masih juga menyalami dan berpelukan dengan anggota di sekitarnya. Kesan kebersamaan dengan para anggota sangat mendalam. Namun apa mau dikata, tugas negara dan perintah pimpinanlah yang mengakhiri kebersamaan AKBP SHS dengan keluarga besar Polresta Ambon dan seluruh masyarakat di wilayah hukum Polresta Ambon.

Selamat jalan Ksatria Wibawa AKBP Sutrisno Hady Santoso. Selamat bertugas di tempat tugas yang baru sebagai Wadansat Brimob Polda Kalimantan Utara. Seluruh momen kebersamaan dan kenangan akan tetap terpatri di hati seluruh personil Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Itulah petikan suara hati kami personil Polresta Ambon yang tak terungkapkan. Hanya doa yang kami panjatkan semoga Tuhan selalu menyertai sosok komandan terbaik di tempat tugas yang baru,” ungkap salah satu anggota dengan linangan air mata yang tak terbendung.

AKBP SHS menutup lembaran baktinya di Polres Ambon dengan manis. Di masa kepemimpinannya, Polres Ambon mendapat kenaikan tipe menjadi Polresta. Kenaikan tipe menjadi Polresta ini juga yang mempercepat akhir tugas AKBP SHS di Ambon karena Polresta haruslah dipimpin seorang Komisaris Besar. (Imanuel)

Komentar