oleh

AKBP Simatupang Resmi Jabat Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease

-Daerah-14 views

Kabartoday, AMBON – AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang resmi menjabat Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Simatupang menggantikan AKBP Sutrisno Hady Santoso,SIK yang mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Satuan Brigade Mobil (Wadansat Brimob) Polda Kalimantan Utara (Kaltara).

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, Selasa (19/11) di kediaman Kapolda Maluku kompleks Asrama Polisi (Aspol) Tantui Ambon.

Dalam upacara sertijab ini, Kapolda melepas tanda pangkat dan jabatan serta menerima penyerahan tongkat komando dari pejabat lama AKBP Sutrisno Hady Santoso. Kemudian Kapolda memasang tanda pangkat dan jabatan kepada pejabat baru AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang. Kapolda juga menyerahkan tongkat komando Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kepada Simatupang.

BACA JUGA:  Partai NasDem Kabupaten Pasuruan Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Piatu

Usai menyematkan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando, Kapolda memimpin pengambilan sumpah jabatan yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sertijab.

AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang menandatangani berita acara sertijab sebagai Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease

Terhadap AKBP Simatupang sebagai Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease pertama, Kapolda Maluku berharap dapat meneruskan kinerja pejabat sebelumnya AKBP Sutrisno Hady Santoso yang dinilainya sangat baik.

“AKBP Sutrisno Hady Santoso itu seorang pekerja keras dan sangat baik selama memimpin Polres Ambon. Karena itu harapan saya kepada pejabat baru sebagai Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease agar minimal dapat menyamai kinerja pejabat lama. Bahkan kalau bisa lebih meningkat lagi karena Ambon ini bukan lagi Polres biasa tetapi sudah naik tipe menjadi Polresta. Karena itu berbagai hal termasuk kinerjanya juga harus meningkat,” ujar Lumowa.

BACA JUGA:  Terkait Insiden Gebrak Meja Kantor Desa Kedungrejo Hingga Rusak, Anggota LSM GMBI Mengaku Lupa

AKBP Simatupang sendiri bukanlah orang baru di wilayah hukum Polda Maluku karena pernah menjabat Kapolres Buru tahun 2017 lalu.

Peralihan tugas Kapolresta Pulau Ambon ini sesuai dengan Surat Telegram (ST) Kapolri nomor : ST/3019/XI/Kep/2019 tanggal 8 November 2019. Dalam ST yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri, nama AKBP Sutrisno Hady Santoso tertera di urutan 31. Ia mendapat promosi jabatan sebagai Wadansat Brimob Polda Kaltara.

BACA JUGA:  Uneg Uneg Politik Khas Santri Salaf Al Mudatsir dan Isu Oposisi

Sementara pejabat baru AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang diurutan 32. Simatupang sebelumnya menduduki jabatan Kasubbagrenprog Bagpenkompeten SSDM Polri.

Selain sertijab Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, juga dilakukan sertijab Kapolres Seram Bagian Timur (SBT). AKBP Adolof Bormasa yang sebelumnya menjabat Kapolres Aru dipercayakan sebagai Kapolres SBT menggantikan AKBP Saminata yang mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Samapta Polda Maluku.

Upacara sertijab ini dihadiri oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, para pejabat utama Polda Maluku serta para Kapolres di wilayah hukum Polda Maluku. (Imanuel).

Komentar