oleh

Aksi “Heroik” Polisi Remaja di Ambon Dapat Penghargaan Kapolda

-Daerah, Humanitas-2.573 views

Kabartoday, Ambon – Aksi heroik Bripda Angga Badina, bintara remaja Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang menyelamatkan nyawa Mualif (25) petugas outsourcing PT PLN Maluku yang nyaris tewas kesetrum di tiang listrik berbuah manis. Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengganjarnya dengan penghargaan.

Lumowa memberi penghargaan secara langsung kepada Angga, saat memimpin apel pagi di Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Senin (13/5/2019). Pemberian penghargaan disaksikan Waka Polda, Irwasda, Pejabat Utama, dan Personel Polda Maluku.

Bintara remaja alumni Sekolah Bintara (SEBA) angkatan 40 Sekolah Polisi Negara (SPN) Passo Ambon ini mendapatkan reward berupa piagam penghargaan dan sejumlah uang dari Kapolda. Aksi nekat tanpa mempedulikan nyawanya sendiri saat menyelamatkan Mualif membuat bangga Kapolda Maluku serta personil Polda Maluku.

“Terimakasih kepada seluruh personel yang telah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi, sehingga situasi wilayah hukum Maluku masih dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Lumowa.

BACA JUGA:  Kodim 1504/Ambon Gelar Karya Bakti Jelang Kemah Pramuka SWK

Menurutnya, aksi nekat Angga, Bintara muda Polri tersebut, menunjukan bahwa setiap anggota polisi adalah pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini mengaku bangga dengan sikap Bripda Angga yang rela berkorban disaat masyarakat lainnya takut melakukan pertolongan kepada korban yang sedang tersengat listrik.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengatakan tindakan Angga merupakan implementasi dari Catur Prasetya yang merupakan tugas anggota Polri yaitu berkorban demi masyarakat, bangsa dan negara.

“Personel Polri bertugas tanpa memikirkan resiko. Yang mana pegawai PLN tersebut (masyarakat) tubuhnya sedang terkena sengatan listrik, akan tetapi personel Polri tersebut tetap menaiki tiang listrik dengan menggunakan tangga kayu dan menolong Pegawai PLN,” ungkap Perwira Tinggi Polri berpangkat dua bintang ini.

Salah satu putra terbaik asal bumi nyiur melambai ini berharap kepada seluruh personil Polda Maluku dapat meneladani sikap Bripda Angga. Setiap anggota Polri dituntut untuk bertugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi.

BACA JUGA:  Area Blok Bitakol Taman Nasional Baluran Dilalap si Jago Merah

“Kepada seluruh personel Polda Maluku agar menteladani aksi Bripda Angga yang melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi,” pintanya.

Aksi “nekat” Bripda Angga Badina saat selamatkan korban kesetrum di tiang listrik

Aksi heroik Bripda Angga ini terjadi Jumat (10/5/2019) lalu di jalan dr Latumeten Ambon. Saat itu korban Mualif (25) karyawan PT 63, rekanan PLN sedang melaksanakan tugas memasang penyambungan kabel untuk pelanggan baru. Namun naas baginya saat berada di atas tiang listrik, ia tersengat setrum berkekuatan 20.000 volt. Tangan kiri hingga bagian kaki kirinya mengalami luka bakar akibat sengatan setrum. Mualif nyaris tewas. Ia tergantung lemah di tiang listrik.

Lokasi kecelakaan yang berdekatan dengan Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, membuat puluhan anggota polisi langsung merapat ke TKP. Bersama warga yang berada di TKP berupaya menolong korban. Namun tak satu orang pun berani naik ke tiang listrik untuk menyelamatkan korban. Mereka hanya bisa pasrah melihat korban tergantung lemah.

BACA JUGA:  Advokat Wellem Mintarja & Patners Hadir Siap Membantu Warga Tidak Mampu

Tak disangka, datanglah “Dewa Penyelamat” Bripda Angga Badina ke TKP. Saat itu ia baru saja bertugas sebagai fotografer kegiatan peluncuran aplikasi pembuatan SKCK online Polres Ambon. Saat tiba di TKP, ia melihat korban yang tergantung lemah tanpa ada seorang pun yang berani memberikan pertolongan langsung. Dengan masih menyandang kamera di tubuhnya, Angga langsung berupaya memberikan pertolongan. Di bantu beberapa warga dan seorang anggota polisi lain memegang tangga kayu, Bripda Angga langsung naik ke tiang listrik menjemput korban. Dengan sebuah tang, Angga langsung memutus kaitan pengaman dan menurunkan korban. Walaupun tahu korban tersengat setrum, namun Angga tetap menjamah tubuh korban memberikan pertolongan tanpa mempedulikan nyawanya sendiri.

Akhirnya, berkat aksi heroik polisi muda ini, korban berhasil diturunkan dari tiang listrik dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Nyawa korban pun berhasil diselamatkan. (MAL)

Komentar