oleh

Amankan Laut Lima Provinsi, Bakamla Zona Maritim Timur Gelar Latihan Operasi KKL

-Daerah-19 views

Kabartoday, AMBON – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur menggelar latihan operasi keamanan dan keselamatan laut bagi seluruh personilnya.

Latihan operasi ini digelar mulai Senin (5/4/2021) hingga Kamis (22/4/2021). Peserta pelatihan sebanyak 76 orang, terdiri dari 57 pelaku, 15 orang instruktur serta empat orang supervisor.

Tujuan latihan ini adalah untuk membekali seluruh personil Bakamla Zona Maritim Timur dalam pelaksanaan tugas patroli keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Ada empat materi yang akan diberikan kepada seluruh peserta antara lain Latihan Selam Dasar, Latihan Pemberkasan Perkara Kapal Tangkapan, Latihan Komunikasi Taktis serta Latihan Menembak di Laut.

Empat tempat berbeda dipilih menjadi lokasi latihan. Lokasi latihan antara lain Pantai Desa Hukurila di Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, Pangkalan Armada Kamla Zona Maritim Timur Bakamla di Desa Latta Kecamatan Baguala, kawasan Lantamal IX Ambon serta Laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

BACA JUGA:  BNN Sergai Amankan Bandar Narkoba, "Sabu Dan Ekstasi Dimusnahkan"

Acara pembukaan latihan digelar di lapangan upacara pangkalan armada Kamla Zona Maritim Timur di Ambon, Senin (5/4/2021). Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksamana Pertama TNI Arif Sumartono membuka latihan ini.

Kepala Kantor Bakamla Zona Maritim Timur Laksma TNI Arif Sumartono,.S.Sos, M.Si (Han) menyematkan pita tanda peserta kepada empat orang perwakilan pelaku latihan.

Dalam acara pembukaan ini, Laksma TNI Arif menyematkan pita merah tanda peserta kepada empat orang perwakilan pelaku latihan.

Terhadap latihan ini, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Aan Kurnia meminta kepada seluruh peserta agar mengikuti semua materi pelatihan dengan sungguh-sungguh.

BACA JUGA:  58 Ribu Suara Caleg Gerindra di Bangkalan Dirampok, SATRIA Ambil Sikap

“Saya perintahkan khususnya kepada para peserta latihan untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga menjadi personil Bakamla yang tangguh profesional dan responsif. Siap, kapanpun diperlukan dengan ilmu dan kemampuan yang memadai,” tegas Laksdya Aan dalam sambutannya yang dibacakan Laksma Arif.

Aan katakan saat ini dinamika ancaman kejahatan makin berkembang. Hal ini menuntut kesiapan Bakamla untuk dapat mengantisipasi dan mengatasinya dengan cepat, tepat dan efisien, dengan berpedoman kepada peraturan perundang-undangan. Demikian pula harus terjalin sinergitas yang baik diantara para pemangku kepentingan di laut.

Menurutnya, keberhasilan suatu operasi keamanan dan keselamatan laut, tentunya perlu didukung dengan kemampuan personel yang handal dan profesional di lapangan.

Pentingnya hal itu, membuat Bakamla RI terus berupaya meningkatkan kemampuan personel. Salah satunya lewat kegiatan latihan ini.

BACA JUGA:  Dua Anak Oknum Anggota Kodim 1504 Ambon Jadi Tersangka Kasus Pengeroyokan

“Karena itu, saya perintahkan kepada segenap jajaran, personel Bakamla untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan,” tandas Aan.

Usai acara pembukaan, Laksma Arif jelaskan latihan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Zona Maritim Timur.

Laksma TNI Arif Sumartono,S.Sos, M.Si (Han) – Kepala Kantor Bakamla Zona Maritim Timur.

“Ini pertama kali kita diberi kepercayaan untuk pertama kali dari Pusat untuk melaksanakan latihan ini,” jelasnya.

Diungkapkan, personil latihan dari unsur Stasiun Pemantau Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), unsur kapal negara serta personil zona maritim timur dan pangkalan armada.

Ia beberkan, wilayah kerja zona maritim timur meliputi la provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat serta Nusa Tenggara Timur.

“Dengan cakupan wilayah laut yang luas, tentunya sangat diperlukan personil yang handal untuk tugas pengamanan. Karena itu, latihan ini merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan personil,” tandasnya. (Manuel)

Komentar