oleh

Antisipasi Corona, Polres Kepulauan Aru Gandeng Dinkes Periksa Penumpang Tiba di Bandara Dobo

-Daerah-54 views

Kabartoday, DOBO – Mengantisipasi kemungkinan masuknya virus corona, Polres Kepulauan Aru menggandeng instansi terkait menyasar para penumpang yang tiba di Kota Dobo menggunakan transportasi udara.

Polres Kepulauan Aru bersama dinas kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru serta petugas bandar udara (Bandara) Rar Gwamar Kota Dobo memeriksa para penumpang yang tiba dari Kota Ambon menggunakan pesawat udara, Senin (16/3/2020) pagi.

Saat itu sebanyak 38 orang yang menumpang pesawat Wings Air jenis ATR 72 – 600 PK-WHK tiba sekitar pukul 10.10 WIT di bandara Rar Gwamar. Begitu turun dari pesawat, para penumpang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 28 perempuan langsung diarahkan petugas ke ruangan khusus. Mereka harus menjalani pemeriksaan kesehatan terutama pendeteksian suhu tubuh untuk mengantisipasi virus corona penyebab penyakit Covid-19.

Satu persatu penumpang menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan alat deteksi oleh petugas kesehatan Indriani Kasim dari Puskesmas Siwalima Kota Dobo. Sementara Polres Kepulauan Aru menerjunkan personil yang terdiri dari Kanit Sat Binmas Polres Kepulauan Aru Bripka Jecko. V. Keliduan, Kaur Mintu Sat Binmas Polres Kepulauan Aru Bripka Jamal Duwila, Bhabinkamtibmas Desa Laininir Brigpol Amos Kondo serta Anggota sat Binmas polres Kepulauan Aru Bripda Agus Hendra Jaya.

BACA JUGA:  Bupati Karawang Resmi Buka TMMD ke 105 Tahun 2019
Penumpang pesawat Wings Air yang baru tiba di Bandara Rar Gwamar Kota Dobo Senin (16/3/2020) menjalani pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas kesehatan

Sambil pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang, petugas Polres Kepulauan Aru menyampaikan sosialisasi serta himbauan untuk mengantisipasi virus corona. Dalam himbauan itu, petugas meminta kepada para penumpang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah, di lingkungan kerja maupun lingkungan dimana para penumpang beraktivitas.

Selain itu, para penumpang diminta untuk selalu menerapkan pola hidup sehat serta menjaga kesehatan serta kebersihan diri. Penumpang diharapkan untuk selalu membiasakan diri mencuci tangan bila usai beraktivitas maupun sebelum dan sesudah makan, selalu menggunakan masker bila beraktivitas serta menghindari kontak langsung dengan orang yang diduga memiliki ciri-ciri terjangkit virus corona.

BACA JUGA:  Tak Peduli Siang Malam, Satgas TMMD ke-106 Tetap Berjibaku

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto kepada media Kabartoday.co.id menjelaskan bersama pihak Dinkes serta petugas bandara Rar Gwamar memeriksa penumpang yang baru tiba di Kota Dobo ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya virus corona di Kota Dobo.

AKBP Eko Budiarto,S.IK – Kapolres Kepulauan Aru, Polda Maluku

“Pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang pesawat yang baru tiba dari Ambon ini untuk mengantisipasi kemungkinan virus corona ini. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan para penumpang. Tetapi yang kami lakukan ini untuk kebaikan bersama dan kepentingan seluruh masyarakat di Bumi Jargaria ini,” ujar Budiarto.

BACA JUGA:  Petahana Kades Serdang Wetan Ingin Lanjutkan Pembangunan dan Program baru Desa

Ia jelaskan, selain pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, kepada para penumpang juga diberikan sosialisasi serta himbauan untuk mengantisipasi virus corona.

Alumni Akpol tahun 1999 ini beberkan sosialisasi dan himbauan yang diberikan dimana warga diminta untuk selalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan sekitar.

“Kepada warga kita minta untuk selalu menjaga kesehatan serta kebersihan diri sendiri, keluarga serta kebersihan lingkungan sekitar. Warga juga kita minta untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh selalu baik. Karena bila daya tahan tubuh menurun, maka pasti kekebalan tubuh juga berkurang,” terang Budiarto.

Orang nomor satu di jajaran Polres Kepulauan Aru ini jelaskan, disaat daya tahan serta kekebalan tubuh menurun, inilah yang membuat seseoranh mudah terserang virus maupun bakteri penyebab penyakit termasuk penyakit Covid-19 yang disebabkan virus corona.

Ia tegaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang yang tiba di Kota Dobo akan rutin dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan masuknya virus corona di Kota Dobo. (Imanuel)

Komentar