oleh

Antisipasi Covid-19, Tim Gabungan Polres Kepulauan Aru dan Dinas Kesehatan Periksa Penumpang KM Tidar di Pelabuhan Dobo

Kabartoday, AMBON – Tim gabungan Polres Kepulauan Aru, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya berkolaborasi melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang KM Tidar yang sandar di pelabuhan Yos Sudarso Kota Dobo, Selasa (24/3/2020). Tujuan pemeriksaan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang saat ini cukup masif menyerang sejumlah wilayah di Indonesia.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto tidak mau kecolongan dengan kemungkinan adanya penumpang tiba di Kota Dobo membawa virus penyebab penyakit Covid-19 ini. Karena itu, ia terjun langsung memimpin sekitar 70 personelnya bersama petugas gabungan dari instansi lain memeriksa kesehatan para penumpang kapal yang turun di Kota Dobo.

Pantauan media ini, saat KM Tidar sandar di pelabuhan Yos Sudarso Kota Dobo Selasa (24/3/2020) sekitar pukul 20.30 WIT, sebanyak 731 penumpang yang turun. Mereka harus menjalani pemeriksaan suhu badan serta penyemprotan cairan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan tim gabungan TNI dan Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) bersama Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Siwalima Dobo yang di pimpin oleh Kepala Puskesmas Dobo Maria M Karemy.

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Jakbar Gelar Bhakti Sosial

Satu persatu penumpang yang turun diarahkan petugas kepolisian ke jalur pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan. Terlihat petugas pemeriksa menggunakan alat pengaman diri (APD) seadanya berupa masker serta pelindung tubuh lainnya saat memeriksa para penumpang. Walaupun menggunakan APD seadanya tidak menyurutkan semangat petugas gabungan melaksanakan tugas pemeriksaan kepada para penumpang. Niat mereka hanya satu yaitu bagaimana caranya mencegah virus corona ini agar tidak masuk ke daerah bertajuk Bumi Jargaria ini.

Pelaksanaan kegiatan pencegahan penyebaran virus corona ini dihadiri Sekda Kabupaten Kepulauan Aru M. Djumpa, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Saharto Silaban, Pabung Mayor (Arm) La Musa, Komandan POM TNI-AD Kapten (Inf) Wa Ode Wa Nunu serta para perwira Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Kapolres AKBP Awan Hariono Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek Jajaran
Petugas kesehatan Puskesmas Siwalima Kota Dobo bersama Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto,S.IK serta Kabag Ops Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy,SH,S.IK

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto katakan pemeriksaan kesehatan kepada para penumpang KM Tidar yang masuk ke Kota Dobo ini tujuannya untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus penyebab penyakit Covid-19.

“Saat ini kita bersama instansi gabungan terkait lainnya melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang yang masuk ke Kota Dobo. Tujuannya adalah kita berupaya mencegah masuknya Covid-19 ini ke wilayah hukum Polres Kepulauan Aru,” ujar Budiarto di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Dobo.

Alumni Akpol tahun 1999 ini ungkapkan hasil pemeriksaan terhadap 731 penumpang, tidak ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 38┬░ Celsius. Namun ada seorang penumpang asal Makasar yang sedang sakit sesak napas yaitu DP (60) yang beralamat di belakang Hotel Leo Kota Dobo.

BACA JUGA:  Ratusan Umat Islam Hadiri Sholat Idul Adha 1440 H di Polres Ambon

Budiarto katakan sesuai pengakuan pihak keluarga bahwa DP sudah mengalami sakit asma atau esak napas sejak lama, sebelum adanya Virus Covid-19. Hasil pemeriksaan suhu tubuh oleh medis Puskesmas Dobo, menunjukan kondisi normal yakni 36┬░Celsius. DP kemudian dirujuk ke RSUD Cendrawasih Dobo dengan menggunakan mobil ambulans guna perawatan.

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan penumpang KM Tidar, digelar apel kesiapan pasukan di Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Dobo. Apel dipimpin Kabag Ops AKP Florensius Teddy yang dihadiri Waka Polres Kepulauan Aru Kompol Petrus Passauw, Kabag Sumda Polres Kepulauan Aru AKP Ido Ngilamele, Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru AKP J. Alfons, Kasat Narkoba AKP P. Louhenapessy, Kasat Binmas Polres Kepulauan Aru AKP R. Bembuain, Kasat Intelkam Polres Kepulauan Aru Ipda Taufik, Kapolsek KPYS Polres Kepulauan Aru Iptu Fajar, serta personil Polres Kepulauan Aru yang berjumlah 70 orang.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan para penumpang KM Tidar ini berlangsung sekitar 50 menit hingga berakhir pukul 21.20 WIT dan berjalan dengan aman. (Imanuel)

Komentar