oleh

Antisipasi Musim Penghujan, Polresta Sidoarjo Adakan Rakor BPBD

Kabartoday.Sidoarjo – Untuk menghadapi musim hujan yang diperkirakan sebentar lagi datang, maka diperlukan kesiap siagaan semua elemen pemerintah dan masyarakat untuk tetap waspada.senin (11/19).

Hal tersebut di sampaikan diruang Bharadaksa Polresta Sidoarjo, dalam rangka Rapat Koordinasi penanggulangan bencana banjir, angin puting beliung, tanggul lumpur Lapindo dan bencana lainya di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam rakor antisipasi bencana ini di hadiri oleh Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito , Heri Soesanto Asisten 1 Pemkab Sidoarjo Heri Soesanto, Dwi Prawito Kepala BPPD, Kapt Inf Adi Sarwono Pasiops Kodim 0816, BPLS , Satpol PP ,Dinas PUPR, PJU Polresta, dan Kapolsek yang berada di wilayah Polreta Sidoarjo.

BACA JUGA:  Ditemukan Selongsong Peluru Tajam di Area Pembubaran Pendemo di Bawaslu

Kompol Mujito menyampaikan pemasalah penanggulangan bencana alam yang kerap kali terjadi di wilayah Sidoarjo pada musim penghujan tahun yang lalu selain terjadi banjir di beberapa tempat juga banyak disertai terjadinya bencana angin puting beliung yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Mengingat di sekitar tanggul penahan lumpur lapindo yang keberadaannya selama ini pada musim hujan sering terjadi luapan air dapat berimbas terjadinya genangan air di jalan raya Porong sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

Sehingga bisa menjadi ancaman bencana alam dan membahayakan keselamatan masyarakat, dengan diadakannya rapat ini bertujuan mengantisipasi bencana yang sewaktu waktu akan muncul.

BACA JUGA:  Mudzakir Sebut Tak Ada Makar Untuk Capres

Sebagai narasumber, Asisten 1 Pemkab Sidoarjo, menyampaikan Pada pelaksanaan penanganan bencana alam harus berpedoman pada Perbup no. 3 tahun 2018 yang dalam pelaksanaannya menuntut adanya koordinasi dari seluruh instansi terkait sehingga bencana alam tertanggulangi dengan benar dan efektif .

BPPD selaku koordinator penanggulangan bencana juga mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan bahaya yang akan terjadi baik dari kesiapan stake holder yang terkait maupun sarana prasarana pendukung serta anggaran yang tersedia.

BACA JUGA:  KGP Singgung Menang di MK Tapi Tidak Dihormati

Selain itu , Untuk mengetahui kesiapsiagaan seluruh instansi terkait dalam mengantisipasi bencana maka pada tanggal 4 Desember 2019 akan kita laksanakan apel kesiapan mengantisipasi terjadinya bencana alam di alun-alun Sidoarjo,

Apel kesiapan rencananya akan dipimpin langsung oleh Bupati Sidoarjo, yang mana dalam apel kesiapan tersebut akan digelar seluruh peralatan dan perlengkapan dalam menghadapi bencana alam.

Kesimpulan dan saran yang didapat dalam rakor ini perlu ditingkatkannya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Kegiatan ini berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif.[] Try  Agust

Komentar