oleh

Antisipasi Panic Buying Akibat Covid-19, Polda Maluku Cek Ketersediaan Sembako

-Daerah-36 views

Kabartoday, AMBON — Maluku khususnya Kota Ambon telah dirambah virus corona. Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Bekasi dinyatakan positif mengidap Covid-19. Hal ini tentu akan menimbulkan kepanikan masyarakat Kota Ambon.

Salah satu imbasnya adalah warga akan berlomba-lomba membeli berbagai kebutuhan hidup secara berlebihan (panic buying) sebagai stok pangan selama berdiam di rumah untuk menghindari virus corona. Bila hal ini terjadi, dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan barang kebutuhan pangan di Kota Ambon.

Mengantisipasi panic buying ini, Polda Maluku melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) selaku
satgas pangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa distributor sembako di Kota Ambon, Senin (23/3/2020).

BACA JUGA:  Jelang Tahun Baru 2020, Ancol Gandeng Dishub dan Transjakarta Berlakukan Sentral Parkir

Dalam sidak ini, Ditreskrimsus bersama instansi terkait mengecek ketersediaan stok sembako yang berada di distributor. Pengecekan stok sembako ini untuk mengantisipasi Panic Buying dan antisipasi stok pangan untuk ketersediaan akibat dampak Covid-19.

Kombes Pol Eko Santoso, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Maluku.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Maluku Kombes Pol Eko Santoso katakan imbas wabah virus corona membuat pemerintah menghimbau masyarakat melakukan social distancing sehingga dikhawatirkan terjadinya panic buying. “Patroli yang kami lakukan ini untuk mencegah terjadinya panic buying,” Santoso.

BACA JUGA:  Tiga Koramil Jajaran Kodim 1504/Ambon Gelar Bhakti Sosial Kebersihan

Patroli tim satgas pangan ini kata alumni Akabri Kepolisian tahun 1992 bertujuan untuk mengecek persediaan kebutuhan pokok masyarakat. Ia menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon agar tetap tenang dan tidak panik terhadap situasi ini serta tidak membeli barang kebutuhan rumah tangga secara berlebihan.

“Kami mengimbau warga Kota Ambon dan sekitarnya untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying. Yakinlah kondisi ini akan membaik sehingga tidak perlu memborong bahan kebutuhan pangan secara berlebihan,” himbaunya. (Imanuel)

BACA JUGA:  2 Pemuda Di Amankan Tim Pemburu Preman Polres Jakbar

Komentar