oleh

Antisipasi Pemilu Lancar, PLN Siapkan Genset di KPU Singkawang

Kabartoday, Kalbar – Manager PLN UP3 Singkawang, Sumarsono Melalui MULP Singkawang Kota Arief Dwi Purnama akan menyiapkan mesin pembangkit listrik atau genset di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas yang akan dimobilisasi ke KPUD dan PPK tempat rencana pencoblosan dan perhitungan suara Pemilu pada 17 April 2019.

“Sebelum dilakukan mobilisasi terlebih dahulu dilakukan uji tes di kantor untuk kemudian dibawa ke KPUD untuk dilakukan instalisasi dan uji ciba simulasi jika terjadi padam listrik dari sumber utama PLN, genset ini sebagai back up,” Ujar Arief beberapa waktu lalu.

Sementara, Manager Bagian Jaringan, Enggar Avianto menyampaikan untuk mensukseskan Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 ini pihak PLN telah berkoordinasi dengan pihak terkait baik itu KPUD maupun kepolisian untuk mengantisipasi kesiapan suplai listrik untuk itu pada TPS, PPK dan KPUD akan dilakukan back up kelistrikan dari sumber utama PLN dengan Genset, baik Genset yang telah tersedia di masing-masing tempat maupun genset PLN yang menjadi back up utama.

BACA JUGA:  Kawasan Hutan Lindung Sei Beduk Jadi Lokasi Judi Sabung Ayam

“Insya Allah satu genset per kantor KPUD dan 18 genset untuk PPK. Kapasitas genset untuk KPUD sebesar 50 kW sangat lebih dari cukup dari daya di masing-masing kantor. Paling tidak cukup untuk membackup peralatan listrik seperti komputer dan peralatan lain yang vital terkait kepemiluan,” Ujar Enggar Avianto.

PLN juga menyampaikan pada pagelaran Pemiu serentak ini PLN mempunyai program partisipasi mensukseskan dengan nama “TPS Benderang 2019”, yaitu program layanan sementara (pensem) untuk TPS – TPS yang akan menyelenggarakan pemungutan suara selama 1 (satu) hari pada tanggal 17 April 2019 mulai jam 06.00 WIB – 18 April 2019 jam 06.00 WIB dengan biaya sangat murah yaitu Rp. 151.954,-

BACA JUGA:  Kali Kedua, Made Cahyana Negara Nahkodai PDI Perjuangan Banyuwangi

Khusus PPK dan KPUD jika daya listriknya tidak mencukupi maka dapat menghubungi kantor PLN untuk layanan sementara sesuai hari kebutuhan penambahan daya sementara ini.

Terkait dengan keandalan kelistrikan di Singbebas ini PLN UP3 Singkawang bekerja sama dengan SATPOL PP Kota Singkawang telah melakukan razia layang-layang berkawat yang dalam seminggu ini menyebabkan seringnya padam di kota. Layang-layang berkawat ini sangat merugikan masyarakat dan juga dapat menyebabkan kecelakaan hingga korban meninggal.

BACA JUGA:  Seorang Pria Hanyut di Sungai Setingkai, Dan Ditemukan Tewas

Kemudian, pemeliharaan preventif dengan pemangkasan ranting dahan pohon yang mengenai jaringan 20 kV terus dilakukan untuk menjaga keandalan suplai listrik, untuk itu mohon bantuan warga merelakannya dan pihak Pemkot juga merelakan pemangkasan pohon yang mengenai jaringan listrik PLN karena akan menyebabkan padam.

Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa PLN juga mempunyai program “Menembus Batas” yaitu program tambah daya diskon 50% sampai dengan 30 April 2019 khusus bagi pelanggan rumah tangga sehingga permasalahan seringnya jatuh MCB atau pembatas dirumah setelah pelanggan membeli alat elektronik yang baru tidak terjadi lagi.(Gun)

Komentar