oleh

Apel Gelar Pasukan Satgas Pengamanan Pemilu Koarmada I Tahun 2019

Kabartoday, Jakarta – Panglima Komandan Armada I (Pangkoarnada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono,SE.,M.M., Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pemilu Koarmada I Tahun 2019 Bertempat di Dermaga JICT (Jakarta International Container Terminal) II Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (1/4/2019).

Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk mengecek Kesiapan Prajurit Koarmada I dalam menghadapi Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2019. Sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pemberian bantuan Keamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri merupakan salah satu bagian dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Apel Gelar Pasukan dilaksanakan secara serentak di Jajaran Koarmada I, yakni:

BACA JUGA:  Yasonna Laoly Fokus Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM

a). Lantamal I Belawan dilaksanakan di Belawan Sumatera Utara.

b). Lantamal ll Padang dilaksanakan di Padang Sumatera Barat.

c). Lantamal lV Tanjung Pinang dilaksanakan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

d). Lantaran Xll Pontianak dilaksanakan di Pontianak Kalimantan Barat.

Peserta Apel Gelar Pasukan Satgas Pamen Pemilu Koarmada l Tahun 2019: 1700 orang, diantaranya; 1 Kompi Gabungan Pamen Koarmada lag l, Guspurla dan Lantamal lll, 1 Kompi Gabungan Pama Koarmada l, Guspurla dan Lantamal lll, 1 Kompi Gabungan Kopaska dan Dislambair Koarmada l. d.1 Kompi Polisi Militer Angkatan Laut, 2 Kompi PHH Koarmada l, 1 Kompi PHH Lantamal lll, 1 Kompi Prajurit Guspurla Koarmada l, 1 Kompi Prajurit Kolat Koarmada l, 1 Kompi Prajurit Satkor Koarmada l, 1 Kompi Prajurit Satfib Koarmada l, 1 Kompi Prajurit Satban Koarmada l.

BACA JUGA:  Jajaran Direksi Bank Mandiri (Tbk) dan PTKIN Gelar Rapat di Banyuwangi

Pada Apel Gelar Pasukan Satgas Pam Pemilu Koarmada I Tahun 2019 juga menampilkan Alusista Koarmada I meliputi: KRI Semarang – 594, KRI Usman Harun- 395, Kendaraan Taktiis / Truk Koarmada I, Kendaraan Polisi Militer Dinas Angkatan Laut, Kendaraan Ambulance Dinas Kesehatan, Kendaraan Dinas Penerangan.Ungkap Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Para Perwira Bintara Tamtama dan peserta,apa yang saya banggakan netralitas TNI dengan dengan Netral.Tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis ikut menyelenggaraan.Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi perbantuan TNI, kepada Polri tidak memberikan dukungan kepada salah satu kontestan. Pileg dan Pilpres 2019, serta tidak melibatkan diri pada rangkaian kegiatan. Pileg dan Pilpres 2019 dalam bentuk apapun diluar tugas dan fungsi TNI sebelum.

BACA JUGA:  Sandiaga Ibaratkan Calon Presiden Itu Seperti Pil KB

Mengakhiri sambutan ini akan saya sampaikan untuk pedoman dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas perbantuan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 sebagai berikut dari Pileg dan Pilpres untuk jajaran kota Jakarta berada di bawah Pangkoarmada I pasukan kepada atas perintah Panglima TNI yang diberikan dengan sesama untuk mencegah tindakan pelanggaran hukum kekerasan perusakan hingga pembakaran, berada di lapangan agar mampu mengendalikan setiap prajurit, tidak mudah terprovokasi dan melaksanakan pengamanan secara proporsional melaksanakan koordinasi sebaik – baiknya menjaga ketertiban pelaksanaan Pileg dan Pilpres.Tuntas Panglima Komandan Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono. (Bbg)

Video terkait

Komentar