oleh

ASPRINDO dan BEI Jadwalkan Webinar Untuk  UMKM

Kabartoday, Jakarta, – Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (ASPRINDO) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadwalkan akan menyelenggarakan webinar pada 9 September 2020 mendatang. Webinar ini diprioritaskan untuk UMKM anggota ASPRINDO, meski terbuka kesempatan untuk UMKM yang belum terdaftar sebagai anggota, terang Jose Rizal selaku Ketua Umum ASPRINDINDO, kepada redaksi Kabartoday.co.id, Rabu, (22/7/2020).

Jose Rizal, menyatakan webinar ini memiliki nilai strategis untuk pengembangan UMKM. Pertama, selama ini bursa efek identik dengan perusahaan menengah ke atas, Perusahaan – perusahaan yang listing di bursa, dipersepsi sebagai perusahaan besar. “Padahal faktanya tidak begitu. Banyak perusahaan kecil yang ikut melantai di bursa,” kata Jose Rizal.

Kedua, webinar ini dimaksudkan untuk memberi insight ke pengusaha UMKM, bahwa mereka punya kesempatan untuk mendapatkan akses permodalan dari masyarakat melalui bursa efek.

BACA JUGA:  Negara Alami Kemerosotan, Hampir Hancur Lebur Kata Mr Kan

“Banyak UMKM yang prospektif, tapi mereka tidak berani bermimpi lebih jauh untuk melakukan ekspansi, karena merasa tidak punya cukup modal. Nah, mengapa mereka tidak memikirkan alternatif permodalan melalui bursa,” lanjut Jose.

Hal lainnya, menurut Jose Rizal, dengan pemahaman yang baik mengenai seluk beluk perusahaan terbuka, UMKM yang memang memiliki cita-cita menjadi besar, akan memiliki orientasi ke mana usahanya akan dibawa. “Pengusaha UMKM akan punya semacam manual operasional, sehingga segala langkah operasional yang diambil, baik yang bersifat administratif maupun teknis, sudah mengarah kepada pemenuhan kepatuhan (compliance) perusahaan terbuka. “Jadi UMKM bisa menjadikan ini semacam cita-cita. Ya, meski tidak harus terwujud dalam waktu dekat, tapi minimal mereka sudah punya orientasi ke sana,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kapolda Banten Buka Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Tahap I Tahun 2019

Karena itu, Jose menghimbau agar pengusaha UMKM tidak perlu ragu untuk mengikuti webinar ini. “Ini pengetahuan praktis yang berharga. Dan pasti akan sangat bermanfaat bagi UMKM.” Menurutnya, pengusaha UMKM harus berani punya cita-cita tinggi, dan itu realistis. “Apalagi pembicaranya akan berbagi pengalaman bagaimana awal merintis usaha hingga berhasil menjadi perusahaan terbuka yang listing di bursa.”

BACA JUGA:  Danrem 084/Bhaskara Jaya Senangi Anak Anak Gemar Membaca

Karena tempat terbatas, pendaftaran peserta dibuka jauh-jauh hari. Silakan mendaftar ke Asprindo melalui WA ke nomor 0818-838-227, dengan mencantumkan nama, nama perusahaan, bidang usaha dan alamat. Pendaftaran ditutup jika junlah peserta sudah memenuhi quota.( Danis Swd )

Komentar