oleh

Bakti Sosial Satgas Pamrahwan Yonif 734/SNS di Kota Ambon

-Daerah-2 views

Kabartoday, AMBON – Batalyon Infanteri (Yonif) 734/SNS saat ini sementara menjalankan tugas pengamanan daerah rawan di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Walaupun memiliki tugas pokok menjaga titik-titik rawan konflik, namun satuan tempur yang bermarkas di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini juga melaksanakan bakti sosial di wilayah penugasan mereka.

Seperti aksi sosial yang dilakukan Satgas SSK IV yang bertugas di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya. Seluruh pos pengamanan menggelar kegiatan teritorial serentak Sabtu pagi (27/7) di sekitar pos. Ada personil yang masuk ke sekolah-sekolah melaksanakan kegiatan pembinaan pramuka kepada siswa. Ada yang melaksanakan kerja bakti membersihkan jalan lingkungan dan ada juga yang menggelar puskesmas keliling.

Komandan Kompi SSK IV Yonif 734/SNS Lettu Inf Majo S Sangadji mengungkapkan kegiatan teritorial ini dalam rangka penggalangan dan pembinaan kepada masyarakat dan para siswa.

BACA JUGA:  Putra Tewas di Bakar Sejumlah Orang di Bekasi

“Salah satu tujuannya untuk pembinaan kewilayahan (teritorial) warga di wilayah penugasan kita,” ujar Sangadji Sabtu (27/7) di Ambon.

Ia jelaskan, untuk kegiatan pembinaan pramuka kepada para siswa, ada beberapa materi yang dilatih kepada para siswa antara lain pengetahuan baris berbaris (PBB), teori kepramukaan, pengetahuan penggunaan tali temali serta teknik dasar membuat simpul tali.

Sangadji ungkapkan kegiatan yang dilakukan Pos Komando Kompi dan Pos Waringin Dalam masuk ke SMP Negeri 2 Ambon. Sebanyak delapan personil, dimana masing-masing pos mengirim empat personil mengajarkan Pelaksanaan baris berbaris.

“Tujuannya agar siswa memahami tentang bagaimana cara baris berbaris yang baik dan benar,” terangnya.

Materi yang sama juga dilatihkan kepada siswa di SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon di kawasan Urimessing. Tiga personil dari Pos Air Mata Cina (Amaci) menjadi pelatih di sekolah ini. Demikian pula di SMP Sanawiyah, Pohon Mangga Air Salobar. Para siswa dilatih tiga anggota Pos Air Salobar Pohon Mangga.

BACA JUGA:  Dua Pemuda Pelaku Pemerkosaan Ini Diringkus Polsek Tapung

Di SD Yayasan Mawaddah WA Rahmah dusun Ahuru Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, sebanyak 40 siswa dilatih tiga personil Pos Ahuru Atas. Para siswa diberi pengetahuan dasar penggunaan tali temali serta dasar-dasar membuat simpul tali.

Sementara di SD Katolik Santo Yakobus Ahuru, dua personil Pos Ahuru Bawah melatih para siswa tatacara pengibaran bendera merah putih yang baik dan benar.

Selain melatih siswa di Sekolah, aksi sosial lain yang dilakukan yaitu pembersihan jalan lingkungan yang dilakukan empat personil Pos Ahuru Bawah. Bersama dengan enam warga masyarakat, mereka bahu membahu membersihkan pinggir jalan di kawasan RT 3 RW 16 Dusun Ahuru Desa Baru Merah.

BACA JUGA:  Evaluasi Keaktifan Anggota KADIN Tangsel Paradigma Baru

“Untuk karya bakti pembersihan lingkungan, anggota kita bersama warga membersihkan pinggiran jalan raya dari rerumputan yang mulai tinggi. Tujuannya agar badan jalan tidak tertutup rumput yang dapat mengganggu pengguna jalan,” tandas Sangadji.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah pelayanan kesehatan keliling oleh dua personil Pos Amaci. Mereka memeriksa kesehatan ibu Nur Aisyah salah satu ibu rumah tangga di kawasan Amaci, Kelurahan Urimessing.

“Ibu rumah tangga ini mempunyai keluhan sakit dibagian pinggang. Personil kita memberikan pelayanan kesehatan untuk mengobati sakit yang diderita ibu tersebut,” pungkasnya. (MAL)

Komentar