oleh

Banjir Rendam Kota Dobo Kepulauan Aru, Pasukan Brimob Turun Lapangan Evakuasi Warga

Kabartoday, DOBO – Hujan lebat mengguyur Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku Sabtu (7/3) seharian penuh. Akibatnya banjir merendam beberapa titik di ibu kota Kabupaten berjuluk Jargaria.

Salah satu lokasi terparah yang dilanda banjir di kawasan depan bandar udara (bandara) Rargwamar, Kota Dobo. Air merendam perumahan warga di kawasan ini hingga ketinggian 100 cm. Warga pun terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Harta benda berharga mereka pun terancam.

Mendapati kondisi masyarakat yang membutuhkan bantuan, personil Brimob yang berada di Kota Dobo turun lapangan membantu evakuasi warga serta barang-barang berharga milik masyarakat. Belasan personil Satuan Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor, Kepulauan Aru di pimpin Komandan Kompi (Danki) Iptu Hidayat turun ke lokasi banjir.

BACA JUGA:  Ada 'Dugaan Pembuatan Drainase di Desa Curug Wetan tidak Sesuai RAB
Beberapa personil Brimob di Kota Dobo sedang membantu mengevakuasi barang dagangan milik warga yang terendam banjir

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat mengungkapkan banjir yang menggenangi sejumlah rumah warga di depan bandara itu, disebabkan karena meluapnya air dikawasan bandara akibat hujan deras yang mengguyur kabupaten Kepulauan Aru, sejak Sabtu dini hari.

“Hujan deras yang mengguyur Kepulauan Aru itu, mengakibatkan meluapnya air dan merendam puluhan rumah warga. Sekitar pukul 12.30 WIT, sekitar 15 personil Kompi 2 Batalyon C Pelopor yang di pimpin langsung Komandan Kompi 2 Batalyon C Pelopor Iptu Hidayat, turun ke lokasi banjir untuk membantu masyarakat mengevakuasi warga,” jelas mantan Kapolres Kepulauan Aru, kepada awak media, Sabtu (7/03/2020).

BACA JUGA:  Kapolres Siap Tindak Tegas Tambang Ilegal

Menurut Ohoirat, personil Brimob tidak hanya mengevakuasi warga melainkan barang-barang berharga milik warga yang terendam banjir juga turut dievakuasi.

“Memang intensitas hujan yang cukup tinggi dan saluran air tersumbat mengakibatkan sejumlah rumah dan beberapa kios di depan jalan terendam air setinggi kurang lebih 80 sampai 100 cm dari bibir jalan,” beber juru bicara Polda Maluku.

BACA JUGA:  Suzi Marsilawati : Kadishut DKI Jakarta Beri Motivasi & Pengarahan Bagi 6.000 Anggota PJLP
Komandan Kompi 2 Batalyon C Pelopor, Kepulauan Aru Iptu Hidayat memimpin apel personilnya di lokasi banjir sebelum memulai menolong warga

Setelah mengevakuasi warga dan harta benda, personil Brimob juga membantu mengatur arus lalu lintas didepan bandara tersebut.

Ohoirat yang pernah juga menjabat Kapolres Maluku Tenggara ini menambahkan, jika seluruh anggota Polri, khususnya Brimob telah disiagakan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam, seperti banjir, longsor dan lainnya.

“Personil Polda Maluku khususnya pasukan Brimob telah kita siagakan setiap saat untuk membantu warga yang terkena bencana alam baik itu banjir, tanah longsor maupun bencana lainnya. Prinsipnya, kita anggota polisi akan selalu ada untuk rakyat karena polisi merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tandas mantan Wadir Reskrimum Polda Maluku. (Imanuel)

Komentar