oleh

Bantuan Kemanusiaan Polres Grobogan Untuk Korban Gempa Ambon

Kabartoday, AMBON – Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Polres Grobogan di Jawa Tengah kepada pengungsi korban bencana alam gempa di Pulau Ambon.

Bantuan sosial sebagai bentuk empati dan simpati Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq atas penderitaan warga korban gempa ini berupa kebutuhan hidup dasar antara lain sembako serta beberapa bahan kebutuhan lainnya.

Warga pengungsi di Pulau Ambon tepatnya Negeri Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah menjadi sasaran penyaluran bantuan. Kapolres Ambon didampingi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) AKP Florensius Teddy dan Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy menyerahkan bantuan ini Sabtu (12/10) sore. Bantuan ini diterima Raja Mamala Ramly Malawat di kediamannya di Negeri Mamala.

Penyerahan bantuan kemanusiaan Polres Grobogan Polda Jawa Tengah kepada korban bencana gempa di Negeri Mamala Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah Sabtu (12/10) di kediaman Raja Negeri Mamala.

“Kami mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq bersama jajarannya. Bantuan sosial ini karena empati dan simpati terhadap para korban bencana gempa di Ambon,” ujar Sutrisno kepada wartawan Sabtu (12/10) di Mamala usai menyerahkan bantuan.

BACA JUGA:  Rayakan Idul Adha Pamdal dan Perawatan Dinas/Sudin Jaksel Dikunjungi Oleh FWJ dan Pesona- SI

Aksi sosial Kapolres Grobogan bersama jajarannya ini ternyata merupakan yang pertama dari Kapolres diluar Maluku memberi bantuan kepada korban gempa di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Ini merupakan bantuan yang pertama dari Kapolres diluar Maluku yang memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Maluku khususnya korban bencana gempa yang ada di wilayah hukum Polres Ambon,” jelas Sutrisno.

BACA JUGA:  Operasi Ketupat Jaya 2019 Siap Digelar Polres Jakbar 13 Hari Kedepan

Alumni Akpol tahun 1999 ini berharap aksi sosial Kapolres Grobogan ini bisa disusul oleh para Kapolres lainnya termasuk yang pernah bertugas sebagai Kapolres Ambon untuk membantu meringankan beban para korban bencana gempa di Ambon.

“Mudah-mudahan juga bisa mengetuk hati para Kapolres yang lain. Sebenarnya banyak juga alumni Kapolres Ambon. Mudah-mudahan pesan ini bisa sampai dan memberikan simpatinya dengan bantuan sosial kepada masyarakat Maluku khususnya di wilayah hukum Polres Ambon yang pernah dipimpinnya,” harap Sutrisno.

Menyangkut bantuan disalurkan tidak langsung kepada para pengungsi melainkan melalui Raja Mamala, Kapolres Ambon sampaikan yang mengetahui kondisi pengungsi di lapangan adalah pemimpinnya.

Menurutnya yang tahu persis siapa saja warga pengungsi yang sangat membutuhkan terutama mereka yang lanjut usia, anak-anak maupun bayi adalah Raja Mamala. Ia berharap dan berpesan kepada Raja Mamala Ramly Malawat kiranya dapat menyalurkan bantuan dari Kapolres Grobogan ini agar tepat sasaran.

BACA JUGA:  Polres Jakbar Gelar Apel Cipkon Kesiapan Patroli Blue Light

Sutrisno ungkapkan bantuan kepada korban gempa ini berjumlah 11 item barang yang dinilai sangat dibutuhkan pengungsi.

“Ada beras total 500 kg, juga susu untuk bayi dan balita, gula pasir, teh, indomie, ikan kaleng, perlengkapan mandi serta kain selimut. Semuanya ada 11 item. Semoga bantuan dari senior kami di Polres Grobogan ini dapat membantu meringankan beban warga yang saat ini berada di lokasi pengungsian,” kata Sutrisno.

Bantuan ini disiapkan di Mapolsek KPYS dikoordinir Kapolsek KPYS AKP Florensius Teddy bersama Ketua Bhayangkari Ranting KPYS Ny. Ismy Teddy.

Untuk diketahui, akibat gempa 6,8 SR Kamis (26/9) lalu yang disusul lebih dari 1.300 kali gempa hingga saat ini membuat puluhan ribu warga di Pulau Ambon dan sekitarnya harus mengungsi. (Imanuel).

Komentar