oleh

Berkas Perkara Narkoba Anggota DPRD Maluku Masuk Jaksa

Kabartoday, AMBON – Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menyerahkan berkas perkara tersangka kasus narkoba anggota DPRD Maluku, Wellem Zefah Wattimena ke Kejaksaan Negeri Ambon.

Penyerahan berkas perkara dilakukan setelah penyidik menerima hasil asesmen yang dilakukan Tim Asesmen Terpadu (TAT) terhadap Wattimena.

Pelimpahan tahap I atau berkas perkara ini dilakukan Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease pada Kamis (25/3/2021).

“Untuk penyerahan berkas perkara atau tahap I untuk tersangka pak Wattimena ke Kejaksaan telah kita lakukan kemarin (Kamis-red),” ungkap Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo SN Simatupang melalui Kasat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP Jufri Jawa Jumat (26/3/2021) di ruang lobi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

BACA JUGA:  Tiga Unit Rumah Hangus Terbakar di Kel Caile Bulukumba
AKP Jufri Jawa, Kasat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Ia katakan, setelah pelimpahan berkas perkara ini, selanjutnya pihaknya tinggal menunggu hasil penelitian jaksa. Jika ada pengembalian berkas perkara disertai petunjuk, maka pihaknya akan secepatnya memenuhi petunjuk tersebut.

“Jika berkas dikembalikan dengan petunjuk, pasti kita akan secepatnya memenuhi petunjuk tersebut. Tetapi jika jaksa menyatakan berkas perkara lengkap, maka kita akan persiapkan penyerahan tahap II yaitu tersangka dan barang bukti ke jaksa,” jelas mantan Kasat Resnarkoba Polres Pulau Buru ini.

BACA JUGA:  Pancasila Merupakan Anugerah Tiada Tara Bagi Indonesia

Jufri beberkan, pasal yang disangkakan kepada politisi Partai Demokrat ini adalah pasal 112 ayat (1) junto pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dengan pasal ini, adik kandung mantan anggota DPR-RI Michael Wattimena ini terancam pidana penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun dan denda paling sedikit delapan ratus juta rupiah dan paling banyak delapan milyar rupiah.

Wattimena sendiri ditangkap personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease pada Senin (8/3/2021) pagi di Bandara Pattimura Ambon. Saat itu, Wattimena baru tiba di Ambon menggunakan pesawat Batik Air dari Jakarta. Wattimena di geledah petugas keluar dari pintu kedatangan dan hendak  naik mobil di Bandara Pattimura.

BACA JUGA:  Dua Orang Mata Elang Diamankan Team Pemburu Preman Polres Jakbar

Saat penggeledahan, petugas menemukan alat isap sabu (bong) dalam tas yang dipegang Wattimena.

Hasil pemeriksaan laboratorium forensik di Makasar, ada residu atau bekas sabu di ujung cangklong. Selain itu, hasil tes urine menunjukan positif mengandung zat metamfetamina.

Hingga kini, Wattimena sementara ditahan di rutan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. (Manuel)

Komentar