oleh

Berkas Perkara Tiga Oknum Polisi Pelaku Pesta Sabu di Asrama Polda Maluku Sudah Ditangan Jaksa

Kabartoday, AMBON – Penyidik Satuan Reserse Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease telah mengirimkan berkas perkara narkotika tiga oknum polisi Ditsabhara Polda Maluku ke Kejaksaan. Berkas perkara tersebut telah dikirim penyidik pekan kemarin ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon. Saat ini penyidik sementara menunggu hasil penelitian jaksa terhadap berkas perkara.

Hal ini disampaikan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang melalui Kasatresnarkoba AKP Jufry Djawa kepada media ini Rabu (26/2/2020) di ruang kerjanya.

“Untuk perkembangan perkara tersebut, berkas perkara telah kita kirim ke jaksa satu minggu lalu. Saat ini kita tinggal menunggu hasil penelitian jaksa terhadap berkas perkara tersebut,” ujar Djawa.

Tiga oknum polisi yang terlibat sabu itu antara lain Bripka Ilham Lembang alias Ilo (35), Brigpol Evander Matruty alias Evan (32) dan Brigpol Afrisal Masaoi (32). Mereka ditangkap personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Senin (13/1/2020) sekitar pukul 02.00 WIT di Asrama Polisi (Aspol) Tantui Kota Ambon.

BACA JUGA:  Plang di Atas Lahan Dalam Pengawasan Fit Law & Patner, Hilang

Saat ditangkap ketiga oknum polisi ini sedang berpesta sabu bersama dua warga sipil lainnya yaitu Semy Uneputty (46) serta seorang wanita muda bernama Herlina (30). Uneputty merupakan mertua dari Brigpol Evan, sementara Herlina diduga merupakan “teman dekat” Bripka Ilo. Saat itu personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ikut mengamankan sejumlah barang bukti antara lain satu set alat isap sabu-sabu (bong), tiga plastik bening berukuran kecil, satu unit korek api gas, satu paket sabu-sabu ukuran kecil yang dibungkus dalam dos rokok Sampoerna warna merah serta lima unit handphone berbagai merk. Kelima tersangka saat ini menjalani masa penahanan di ruangan tahanan Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Djawa yang pernah menjabat Kasatresnarkoba Polres Buru ini katakan berbarengan dengan berkas perkara tiga oknum polisi tersebut, berkas perkara dua warga sipil juga telah diserahkan ke jaksa.

BACA JUGA:  'Gesah Siber' di SDN 1 Genteng Wetan Bersama BPAN LAI Banyuwangi

Ia jelaskan jika nantinya berkas perkara para pelaku ini dikembalikan Jaksa ke penyidik karena masih ada kekurangan maka pihaknya akan berusaha secepat mungkin untuk memenuhi petunjuk jaksa. Tujuannya agar berkas perkara secepatnya bisa lengkap dan dilanjutkan ke proses selanjutnya.

“Kita tunggu saja hasil penelitian jaksa, jika memang berkasnya masih ada kekurangan pastinya kita akan berusaha secepatnya penuhi petunjuk jaksa agar berkasnya bisa dinyatakan lengkap,” tandasnya.

Djawa juga menyampaikan kelima tersangka kasus ini juga sudah menjalani assesment di Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Maluku. Menyangkut rekomendasi assesment dari BNNP Maluku, Djawa ungkapkan itu merupakan bagian materi penyidik sehingga tidak bisa dipublikasikan.

Ia katakan rekomendasi assesment dari BNNP Maluku ini akan menjadi kelengkapan berkas perkara para tersangka.

BACA JUGA:  Akun Hoax Pendukung Capres Jokowi-Ma'Aruf Amin Terbongkar Soal Ibu Lis

“Prinsipnya proses hukum semua tersangka terus berjalan. Kita tidak akan main-main dengan kasus ini. Apalagi kasus ini menjadi atensi karena pernah jadi bahan pembicaraan anggota DPR RI dengan bapak Kapolri saat rapat di DPR RI beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Ia katakan pasal yang diterapkan kepada para tersangka yaitu pasal 112, pasal 114 dan pasal 127 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kesempatan itu, Djawa menegaskan pihaknya tidak akan pernah main-main dengan kasus narkoba. Apalagi kasus narkoba menjadi atensi Presiden Indonesia Joko Widodo yang mengatakan Narkotika merupakan musuh nomor satu bangsa ini.

“Kita tidak akan pernah main-main soal penegakan hukum kasus narkoba. Kita akan perangi terus narkotika karena merusak kehidupan bangsa. Siapapun yang terlibat dalam kasus narkotika akan kita tindak tegas tanpa pandang bulu,” tegas perwira polisi yang murah senyum ini. (Imanuel)

Komentar

News Feed