oleh

Bersatu Lawan Covid-19, Polres Kepulauan Aru Sosialisasi PSBB ke Warga

-Daerah-92 views

Kabartoday, AMBON РPolres Kepulauan Aru melakukan sosialisasi menyampaikan himbauan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di sejumlah titik menuju Kota Dobo.

Presiden Republik Indonesia akhirnya mengambil kebijakan ini yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam rangka penerapan kebijakan PSBB ini Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto meminta warga tetap di rumah dan menerapkan jaga jarak (Social distance) untuk kebaikan warga sendiri.

“Sore ini hingga malam kita akan gelar kegiatan himbauan berskala besar di beberapa titik menuju Kota Dobo. Adapun himbauan yang kita sampaikan kepada masyarakat adalah agar masyarakat lebih mencintai keluarganya dengan tetap tinggal di rumah. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona,” kata Eko, Jumat (3/4/2020).

BACA JUGA:  KJS Ragunan Bugar Ajak Emak - emak Milenial Senam Kebugaran
AKBP Eko Budiarto,SIK, Kapolres Kepulauan Aru Polda Maluku

Mantan Kasubdit IV Ditintelkam Polda Maluku ini ungkapkan jika memang ada hal mendesak yang mengharuskan warga keluar rumah agar tetap mengikuti prosedur pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Jika ada hal yang mendesak yang mengharuskan keluar dari rumah agar warga tetap mengikuti prosedur pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan tetap memperhatikan physical distancing atau jaga jarak,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy menegaskan tidak ada penutupan jalan karena kegiatan himbauan PSBB tersebut. Pernyataan ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat yang menganggap Polres Kepulauan Aru menutup akses masuk ke ibukota Kabupaten bertajuk Bumi Jargaria.

“Tidak benar jika dikatakan ada penutupan (jalan). Kegiatan yang digelar di beberapa titik tersebut adalah kegiatan pemberian himbauan dengan skala besar, karena kita kerahkan sejumlah personel baik Polres, Polsek, Koramil, Lanal dan Sat Pol PP yang intinya adalah mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus Corona. Kegiatan ini akan terus kita laksanakan hingga ada perubahan kebijakan oleh pemerintah,” ujar Teddy.

BACA JUGA:  Tim Cyber Polda Maluku Patroli Jagad Maya Antisipasi Akun Provokasi Radikal Separatis
AKP Florensius Teddy,SH,SIK – Kabag Ops Polres Kepulauan Aru

Alumni Akpol tahun 1988 ini katakan jajaran Polres Kepulauan Aru juga telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Misalnya penyemprotan disinfektan massal, pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan suhu badan kepada orang yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Aru baik yang menggunakan transportasi udara maupun transportasi laut serra memberlakukan protokol kesehatan di seluruh pintu masuk Kab Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Kasus Penyelundupan 1,7 Ton Merkuri di Maluku Segera Tahap I

“Dalam mencegah penyebaran Corona, Bapak Kapolres telah mengambil langkah-langkah strategis antara lain mempelopori gerakan bersih-bersih. Selanjutnya mengajak TNI dan Forkopimda melakukan gerakan serentak penyemprotan disinfektan secara massal dengan tetap mempedomani standarisasi dari WHO, bersama gugus tugas lainnya melakukan pengawasan di seluruh pintu masuk Kabupaten Kepulauan Aru baik jalur laut maupun udara, dengan menjalankan protokol kesehatan. Tujuannya ya untuk mencegah penyebaran virus Corona,” tutur mantan Kapolsek Pelabuhan Yos Sudarso Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Ia beberkan semua langkah yang dilakukan Polres Kepulauan Aru ini adalah untuk keselamatan masyarakat. Masyarakat wajib bersyukur karena hingga saat ini belum ada laporan adanya warga yang positif terjangkit Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kondisi ini harus kita jaga, dan ini butuh kerja sama semua pihak termasuk kesadaran masyarakat untuk tetap berada di rumah,” pungkasnya. (Imanuel)

Komentar