oleh

Binter Terpadu Akhir Tahun ala Kodim 1504/Ambon

-Daerah-1 views

Kabartoday, AMBON – Jelang penghujung tahun 2019, Kodim 1504/Ambon melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) terpadu. Sasaran pelaksanaan binter terpadu ini adalah warga masyarakat yang ada di wilayah teritorial Kodim 1504/Ambon.

Kegiatan binter terpadu ini telah dimulai sejak awal bulan November 2019 dan akan terus berlangsung hingga penghujung tahun 2019 nanti.

Komandan Kodim 1504/Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi mengungkapkan dalam kegiatan binter terpadu ini sudah ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dan masih ada beberapa kegiatan lainnya yang akan digelar lagi.

“Di penghujung tahun 2019 ini, Kodim 1504/Ambon beserta jajaran melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial terpadu. Kegiatan sudah kita mulai beberapa pekan lalu dan telah ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan,” jelas Sutandi di Makodim 1504/Ambon Selasa (19/11).

Ia sampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Pembinaan kepada generasi muda khususnya siswa-siswi yang tergabung dalam Gerakan Pramuka dari beberapa sekolah SMA di Kota Ambon maupun Maluku Tengah.

BACA JUGA:  Dua Motor Bersenggolan, Nyawa Seorang Gadis Melayang

Kemudian kegiatan Pelayanan KB Kesehatan bekerjasama dengan BKKBN Kota Ambon. Berikutnya kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada generasi muda dengan sasaran Siswa-siswi SMA se Kota Ambon dan Maluku Tengah.

Sutandi beberkan kegiatan Pembinaan generasi muda khususnya siswa-siswi yang tergabung dalam Gerakan Pramuka dari beberapa sekolah SMA di Kota Ambon maupun Maluku Tengah dilaksanakan Sabtu (16/11) lalu berlokasi di bumi perkemahan Desa Suli, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Peserta kegiatan ini sebanyak 300 orang pelajar SMA Negeri 5 Ambon, SMA Negeri 10 Ambon, SMA Kartika Ambon, SMA Negeri 1 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dan SMK Negeri 3 Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

“Pada kegiatan pembinaan Pramuka tersebut para peserta diberikan pembekalan materi yang terkait dengan Pramuka Saka Wira Kartika berupa Pemantapan Krida-Krida yang meliputi : Krida Navigasi Darat, Krida Penanggulangan Bencana, Krida Survival, Krida Pioneer dan Krida Mountaineering,” jelas Sutandi.

BACA JUGA:  LSM Bergerak Sebut Penegakan Perda dan Perkada di Garut Belum Optimal

Melalui Pemantapan Krida Saka Wira Kartika ia berharap para peserta dapat memiliki bekal keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun untuk masyarakat.

Kegiatan binter terpadu lainnya yaitu Pelayanan KB Kesehatan kepada masyarakat di Dusun Air Ali, Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (11/11) lalu bekerjasama dengan Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pemkot Ambon. Kegiatan ini melibatkan 175 orang akseptor KB.

Pelayanan KB Kesehatan dalam kegiatan Binter Terpadu Kodim 1504/Ambon terhadap warga Dusun Air Ali, Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Melalui kegiatan ini, orang nomor satu di Kodim 1504/Ambon ini berharap dapat membantu Pemerintah khususnya Pemerintah Kota Ambon dalam hal Program KB Nasional.

BACA JUGA:  Partai NasDem Kabupaten Pasuruan Berbagi Kebahagian Bersama Anak Yatim Piatu

“Program Keluarga Berencana merupakan Program Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dalam hal Pengendalian Jumlah Penduduk termasuk didalamnya Kodim 1504/Ambon turut serta dalam mensukseskan Program Nasional KB,” tandasnya.

Dalam binter ini, sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada generasi muda khususnya pelajar SMA di Kota Ambon maupun Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan Wasbang ini dilaksanakan Kamis (7/11) lalu di kompleks SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan ini melibatkan 300 peserta pelajar dari SMA Negeri 5 Ambon, SMA Negeri 10 Ambon, SMA Kartika Ambon, SMA 1 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, SMA Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah,dan SMK 3 Lehitu juga dari Kabupaten Maluku Tengah.

“Lewat kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini, diharapkan para generasi muda khususnya generasi muda Maluku memiliki pengetahuan dan pandangan tentang Wawasan Kebangsaan sehingga dapat menumbuhkan rasa Cinta Tanah air terhadap bangsanya sendiri,” pungkas Sutandi. (Imanuel)

Komentar