oleh

BKNDI Pantau dana penanggulangan Cegah Covid- 19 untuk Desa agar Transparan

Kabartoday, Jakarta,- Ketua umum DPN BKNDI ( Dewan pengurus Nasional Badan komunikasi Nasional Desa se Indonesia) Isra A Sanaky SH. MH. mengungkapkan, “Dalam kondisi saat ini, dunia sedang di landa virus Corona yang berkepanjangan, termasuk Indonesia memang satu cobaan yang luar biasa karna hantaman wabah virus covid 19 yang semakin hari semakin bertambah korbannya, “ujarnya kepada Kabartoday, Senin, (20/4/2020).

Untuk menjaga penyebaran virus tersebut pemerintah mengisolasi rakyatnya, tidak boleh beraktifitas dan keluar rumah agar penyebaran virus covid 19 tidak merebak semakin meluas dan pemerintah akan memberi bantuan pada seluruh masyarakat desa khususnya.

Menurutnya pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama dalam pemberantasan covid 19,
akan tetapi banyak hal- hal yang kita lihat dalam saat ini belum maksimal juga apakah itu kebijakan pemerintah maupun dengan kesadaran masyarakat saat ini, memang kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya karna mereka mempunyai pola pikir yang berbeda dengan pemerintah, tapi sebagai pemerintah tentu memberikan kebijakan itu harus ada solusinya, tidak hanya kebijakan yang dibuat tapi solusi tidak ada. satu contoh saat ini semakin meningkatnya jumlah terinfeksi, jumlah kematian juga semakin naik, yang sembuh juga tidak bisa kita nilai, itu keberhasilan pemerintah melakukan lockdown tapi imbasnya itu luar biasa.

BACA JUGA:  Yahya Tewas Ditangan Sarjaya, Pelaku Diamuk Massa Cisoka

Semua sektor dibatasi, tingkat kemiskinan luar biasa kebijakan pemerintah melakukan kebijakan kelapangan namun kenyataannya bantuan pemerintah bantuan yang dilapangan tidak sampai ke masyarakat sesuai karna tidak ada pengawasan ini sudah sangat bahaya karna tidak ada satu pengawasan yang lebih detail tentang penyaluran bantuan ini karna ini bebas lebih menyedihkan seolah olah pemerintah menangani sendiri kalaupun ada yang menangani dia person, padahal lebih fatal karna tidak ada pertanggung jawaban, Dikhawatirkan ada oknum menyalah gunakan kebijakan itu, perlu dievaluasi bagai mana jeritan hati rakyat bertahan hidup karna lapar.

BACA JUGA:  Naskah Akademik UU di Senayan

Dana desa udah direlasasikan sangat berbahaya kalau tidak dipantau. Badan komunikasi desa kita mencoba untuk melakukan terobosan untuk membantu pemerintah dengan membuat skema bagai mana bantuan itu bisa menyentuh langsung pada sasarannya.

“Kita sedang menyurati presiden , ketua gugus Nasional covid 19 dan beberapa kementrian termasuk format sudah diberikan ” lanjut ketua umum DPN BKNDI.

BACA JUGA:  Oknum Pejabat SINTETE Ancam Wartawan

“Jika kita biarkan tidak adanya pengawasan penyaluran dana dari pemerintah ini maka akan semakin membuat peluang korupsi disaat keadaan seperti akan terjadi, mari kita sama – sama mengawasi agar semua berjalan dengan aman dan tidak ada kebocoran dana sana sini, agar program pemerintah tepat sasaran “tandasnya.

Saat ekonomi rakyat sedang anjok dampak dari covid 19, maka hak rakyat yang di bantu oleh pemerintah agar diterima dengan utuh dan tidak ada pengurangan sedikitpun tutupnya. (A.Yani)

Komentar