oleh

BNNP Maluku Musnahkan Barang Bukti Narkoba Tak Bertuan

-Daerah-175 views

Kabartoday, AMBON – Di penghujung tahun 2020, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku memusnahkan barang bukti narkoba hasil pengungkapan kasus serta temuan barang bukti tak bertuan.

Pemusnahan barang bukti narkoba ini dilaksanakan Senin (28/12/2020) di halaman parkir Kantor BNNP Maluku, kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kegiatan ini dipimpin oleh Plh Kepala BNNP Maluku Mientje Jacoba. Acara ini dihadiri perwakilan dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kejaksaan Negeri Ambon, Pengadilan Negeri Ambon, Kantor Bea dan Cukai Cabang Ambon, Kantor Balai Pemeriksaan  Obat dan Makanan (BPOM) Ambon serta Ketua RT 001 RW 04 Kelurahan Karang Panjang Ambon.

BACA JUGA:  Inovasi Pemkab Garut Luncurkan Bus Wisata Tiket Sampah

Adapun barang bukti narkoba yang dimusnahkan adalah jenis sinte seberat 46,9 gram. Barang bukti ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Pada hari ini, BNNP Maluku akan melakukan pemusnahan Barang Bukti Narkotika jenis sinte sebanyak tiga paket dengan berat 46,9529 gram,” ujar Mientje Jacoba dalam sambutannya.

Plh Kepala BNNP Maluku Mientje Jacoba, menyampaikan sambutan pada kegiatan pemusnahan barang bukti sitaan BNNP Maluku, Senin (28/12/2020) di halaman parkir Kantor BNNP Maluku.

Ia ungkapkan narkotika jenis sinte yang dimusnahkan ini merupakan sisa barang bukti yang ditemukan BNNP Maluku pada salah satu perusahaan pengiriman barang dan jasa di Kota Ambon, bulan Oktober lalu. Paket ini dikirim dari Makassar ke Ambon.

BACA JUGA:  Sekda Kampar Minta Kawal 475.435 Suara

Barang ini tak bertuan karena selama dua bulan, pemilik barang tidak mengambil di perusahaan jasa pengiriman tersebut. Akhirnya barang bukti ini diamankan BNNP Maluku. Berat totalnya 52,6989 gram. Untuk keperluan uji laboratorium, diambil 5,746 gram.

Selanjutnya BNNP Maluku meminta penetapan penyitaan dari Kejaksaan Negeri Ambon untuk dimusnahkan.

Karena itu, untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika
ini, sangat dibutuhkan peran serta semua komponen masyarakat

BACA JUGA:  Beri Tali Asih, Kapolres Asahan Sambangi Ratusan Warga Desa Sungai Lama

“Mari bersama mengedukasi generasi muda supaya tidak terjerumus dan terlibat dengan barang haram ini yang akan merusak masa depan anak bangsa. Mari kita nyatakan perang terhadap Narkoba,” tegas pejabat pemilik senyum manis ini.

Usai barang bukti ini dimusnahkan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan oleh Plh Kepala BNNP Maluku serta para undangan yang hadir. (Manuel)

Komentar