oleh

BPKP Jabar Tegaskan Jangan Main-Main Dengan Dana Desa

Kabartoday, Jabar – BPKP Jawa Barat Tegaskan Jangan Main-main dengan Dana Desa. Ratusan operator aplikasi sistem keuangan desa Kabupaten Bekasi diberikan pelatihan dari BPKP Provinsi Jawa Barat.

Koordinator Pengawasan (Korwas) APD 2 pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov Jabar, Agus Saragih mengatakan bimbinngan teknis (Bintek) bagi aparatur desa di wilayah Kabupaten Bekasi harus ada output yang jelas.

“Sewaktu ketua Forsikasi bertemu di kantornya, ia diminta untuk memberikan materi bintek. Saya sepakat, tapi harus ada output yang jelas dari peserta Bintek, ”Kata Agus dihadapan ratusan peserta Bintek Penatausahaan Keuangan Desa tahun anggaran 2019 yang di kutip Radar Nonstop, Jum’at (5/7/2019).

BACA JUGA:  Bupati Blitar Lantik Direktur RSUD dan Pejabat Eselon

Ia berharap para peserta Bintek ini mahir dalam penerapan aplikasi Siskeudes diterapkan dalam LPJ APBDes.

“Mari sama-sama membuat yang baru untuk pengelolaan keuangan desa secara tepat. Kalau ingin itu disalurkan, selesaikan Siskeudes itu disini, karena dampak dari kegiatan ini merupakan kelancaran tahap 2. Kita sering sampaikan ke desa agar hati-hati dengan dana desa, jangan jadi masalah dalam penyaluran dana desa, ”ucap Agus.

BACA JUGA:  Korban Gempa Dapat Bantuan Sembako Dari PCNU Banyuwangi

Dalam 3 hari kdepan dinyatakan Agus bahwa ratusan aparatur desa ini terus dibimbing 3 pegawai dari BPKP Provinsi Jawa barat. Mereka dibagi dalam 3 kelas dan semuanya harus menggunakan laptop agar bisa mengaplikasikan input data LPJ.

“Agus Saragih mengingatkan jangan main-main alias ngarang dalam membuat LPJ di Siskeudes. Akan kita cek dan cocokan serta sesuaikan saldo, BKO, dan pertanggung-jawabannya seperti apa. “Ulasnya.

BACA JUGA:  Harga Mentimun di Pasaran Meroket Tinggi, Petani Mentimun Tersenyum Bahagia

Agus juga berharap pengelolaan keuangan desa tidak ada permasalahan di wilayah Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

“Kita akan lebih tegas. saya tidak mau ada masalah, ”tegasnya.(Tom)

Komentar