oleh

Brimob Kaltara Siagakan Tim SAR Antisipasi Bencana Jelang Tahun Baru

Kabartoday, TARAKAN – Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Kalimantan Utara (Kaltara) mensiagakan tim Search and Rescue (SAR) mengantisipasi kontijensi bencana saat pergantian tahun. Untuk mengetahui persiapan dan kesiapan pasukan SAR, dilakukan Apel Gelar Pasukan Selasa (31/12) pagi di lapangan upacara Satuan Brimob Polda Kaltara Kota Tarakan.

Pemimpin apel dalam gelar pasukan ini diambil oleh Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltara Komisaris Besar Polisi Heri Sulesmono.

Dalam arahannya, Sulesmono katakan pelaksanaan apel gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana persiapan Satuan Brimob melalui tim SAR untuk merespons kemungkinan terjadinya bencana jelang pergantian tahun.

BACA JUGA:  Arabian Street Food Jadi Tuan Rumah Festival Pasar Wisata Kuliner Banyuwangi

“Tujuannya kita mau mengetahui sejauh mana persiapan pasukan serta peralatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah hukum Polda Kalimantan Utara. Prinsipnya, Satbrimob Polda Kaltara siap dalam pengamanan malam tahun baru dan akan melaksanakan respons cepat penanganan bencana jika ada laporan dari masyarakat atau permintaan bantuan dari satuan wilayah, jika terjadi bencana di Kaltara,” tandas Sulesmono.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, orang nomor satu di jajaran Polda Kaltara ini memeriksa peralatan SAR yang dimiliki oleh Satuan Brimob Polda Kaltara seperti pelampung, tali carmantel, sarung tangan safety, sepatu safety, carabiner, figure eight, dan kendaraan yang disiagakan.

BACA JUGA:  Binter Terpadu Akhir Tahun ala Kodim 1504/Ambon
Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Heri Sulesmono sedang memeriksa perlengkapan peralatan tim SAR Brimob yang disiagakan mengantisipasi bencana jelang tahun baru di wilayah hukum Polda Kaltara

Ia tegaskan, walaupun masih banyak kekurangan dan keterbatasan kemampuan personil maupun peralatan, namun tim SAR Brimob telah bertekad untuk memaksimalkan kemampuan yang ada saat terjadi bencana.

“Meskipun peralatan kita masih terbatas, namun kita akan maksimalkan peralatan yang ada untuk meminimalisir korban, jika sewaktu-waktu ada kejadian bencana,” tegasnya.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Kota Gunungsitoli : Hentikan Konversi Mitan Di Pulau Nias

Perwira menengah Polri dengan pangkat tiga melati di pundak ini katakan personil Brimob akan selalu siaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan bila ada kejadian menonjol jelang tahun baru serta masa libur nasional.

Kepada seluruh personil Brimob terutama yang bertugas dalam tim SAR, Sulesmono menegaskan agar selalu siap siaga tanggap bencana.

“Provinsi Kalimantan Utara ini cukup rawan berpotensi terjadinya bencana seperti tanah longsor, banjir, dan kebakaran hutan. Karena itu semua personil Brimob harus meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi terjadinya bencana,” pungkasnya.

Ia juga meminta untuk dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Satuan wilayah maupun instansi lainnya untuk bersama-sama tanggap bencana.

“Kita harus selalu siap siaga, tetap jalin koordinasi yang baik dengan satwil dan instansi Pemerintah,” tutupnya. (Imran)

Komentar