oleh

Brimob Maluku Panen Perdana Sayuran Pada Lahan Kosong di Tual

-Daerah-32 views

Kabartoday, TUAL – Upaya untuk mengatasi krisis pangan akibat Covid19, personil Brimob Maluku memanfaatkan lahan kosong yang berada di lingkungan Mako Batalyon C Pelopor di Kota Tual.

Lahan kosong tersebut kemudian disulap menjadi lahan produktif dengan menanam sayur-sayuran sejak beberapa waktu lalu. Alhasil, sayur-sayuran yang ditanam itu sudah saatnya dipanen.

Panen perdana sayuran ini dilaksanakan Kamis (9/7/2020) di kebun sayur yang berada di areal Mako Brimob Batalyon C Pelopor di Kota Tual.

Kombes Pol M Guntur,S.IK,MH – Komandan Satuan Brimob Polda Maluku

“Hari ini, personil kita Batalyon C Pelopor di Kota Tual melaksanakan panen perdana sayur-sayuran yang ditanam di lahan kosong dalam areal Mako Batalyon C Pelopor. Sayur-sayuran ini ditanam di lahan kosong tersebut sejak beberapa waktu lalu. Saat ini sudah waktunya untuk di panen,” ujar Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Komisaris Besar Polisi M Guntur, Kamis (9/7/2020).

BACA JUGA:  Peduli Jurnalis, FWJ Apresiasi Ke Srikandi BRI

Ia ungkapkan, beberapa waktu lalu memang seluruh jajarannya di wilayah ia perintahkan agar memanfaatkan lahan kosong di Mako Batalyon atau Mako Kompi masing-masing untuk ditanam berbagai jenis sayuran serta kacang-kacangan. Tujuannya untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih terus mewabah hingga saat ini.

“Virus Corona masih terus mewabah. Berbagai sektor kehidupan masyarakat menjadi pincang. Perekonomian menjadi lesu dan ini bisa menimbulkan resistensi ketahanan pangan masyarakat. Karena itu, dengan kegiatan panen perdana sayur-sayuran oleh personil kita di Tual semoga bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Tual dan Maluku Tenggara untuk memanfaatkan menggarap lahan kosong agar menjadi lahan produktif pangan agar dapat terjaga ketahanan pangan,” ungkap Guntur.

BACA JUGA:  Amos Mahasiswa dan Juga Wartawan Kabartoday.co.id Jadi Korban Pemukulan Aksi Demo

Sementara itu, Wadanyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku AKP SY Basahona mengatakan untuk menyikapi petunjuk dan arahan pimpinan, beberapa waktu lalu ia bersama personilnya serta ibu-ibu bhayangkari  telah menggarap lahan kosong di Mako Batalyon C Pelopor untuk ditanam sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

“Hasil kerja kita beberapa waktu lalu telah terbayar lunas dimana hari ini kita melakukan panen perdana sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang kita tanam,” jelasnya.

Dikatakan, pemanfaatan lahan kosong di Mako Batalyon C Pelopor untuk menanam berbagai jenis sayur, ini merupakan program Satuan untuk mewujudkan ketahanan pangan yang ada di wilayah serta merupakan bentuk bhakti Brimob Maluku Untuk masyarakat.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Kepulauan Aru Semprot Disinfektan Sterilisasi Gereja di Dobo

Ia berharap, semoga momen panen perdana yang dilakukan hari ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong digarap menjadi lahan produktif.

Wadanyon C Pelopor Satuan Brimob Maluku AKP SY Basahona bersama personil TNI dan Bhayangkari menanam bibit sayur sawi pada lahan kebun pangan Mako Brimob Batalyon C Pelopor setelah panen perdana, Kamis (9/7/2020)

“Alhamdulilah hari ini kita melaksanakan panen perdana sayur. Kegiatan ini sebagai contoh kepada masyarakat dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya. Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat menuju new normal di masa pandemi Covid-19,” tandas Basahona.

Selain panen perdana sayur kangkung cabut, personil Batalyon C Brimob juga menabur benih baru yang sudah di siapkan. Benih sayur baru yang ditanam jenis sawi.

“Hasil panen perdana saat ini, kita juga salurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Manuel)

Komentar