oleh

Bugi A SH. MH. : Advokat Tidak Bisa Menjadi Saksi atas mantan Kliennya

-Aktual-222 views

Kabartoday, Banyumas,- Dalam surat panggilan ke-dua No. Pol. S.Pgi/307.a/X/2020/Reskrim Kepolisian Resor Kota Banyumas, Djoko Susanto SH dipanggil untuk menghadap penyidik (Tipideksus) sebagai saksi atas Kliennya (PWN) pada hari senin, (26/10/2020).

Sebelumnya PWN “diduga melanggar tindak pidana, transaksi UU ITE Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (1) UU RI N0.19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi elektronik atau pasal 378 KUHP, dengan LP/B/334/VIII/2020/Jateng/Resta BMS, pada tanggal (25/8/2020).

Djoko susanto SH. mendatangi Polres Banyumas didampingi oleh  23 Pengacara, terdiri dari perwakilan Peradi Purwokerto, Peradi Bandung, Peradi Jakarta timur dan Peradi Bogor Raya yang masing-masing mengirim perwakilannya.

Bugi Ambariyanto, SH. MH. Selaku ketua tim mengatakan, “advokat tidak dapat menjadi saksi untuk mantan kliennya jika hal tersebut berkaitan dengan kewajiban advokat untuk memegang rahasia jabatannya, ” ujar Bugi.

“Akan tetapi jika tidak terkait dengan rahasia jabatan, maka advokat dapat dipanggil sebagai saksi, ” tambah Bugi 

Advokat adalah salah satu profesi yang mengatur bahwa orang-orang yang berprofesi ini harus memegang rahasia jabatannya tentang hal-hal yang diberitahukan oleh kliennya. Hal ini diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (“UU Advokat”) dan Pasal 4 huruf h Kode Etik Advokat Indonesia (“KEAI”).

Pasal 19 UU Advokat:
(1) Advokat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui atau diperoleh dari Kliennya karena hubungan profesinya, kecuali ditentukan lain oleh Undang-undang.
(2) Advokat berhak atas kerahasiaan hubungannya dengan Klien, termasuk perlindungan atas berkas dan dokumennya terhadap penyitaan atau pemeriksaan dan perlindungan terhadap penyadapan atas komunikasi elektronik Advokat.

Pasal 4 hurif h KEAI:
h. Advokat wajib memegang rahasia jabatan tentang hal-hal yang diberitahukan oleh klien secara kepercayaan dan wajib tetap menjaga rahasia itu setelah berakhirnya hubungan antara Advokat dan klien itu, “terang Bugi (IWS)

BACA JUGA:  Sandiaga Sambangi Prabowo, Persiapan Ungkap Fakta-fakta Kecurangan Pilpers 2019

Komentar