oleh

Bupati Lantik 352 Pejabat Karawang 

Kabartoday, Karawang – Rotasi dan mutasi jilid kedua di tahun 2019 dilakukan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana terhadap 352 Pejabat untuk penyegaran dan pengisian kekosongan jabatan struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, bertempat di Aula Husni Hamid, Rabu (10/7/2019).

Sebelumnya rotasi dan mutasi jilid pertama telah dilaksanakan pada hari Jumat lalu (5/7) sekaligus pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Keputusan Bupati Karawang Nomor 800/Kep. 3610/BKPSDM/2019 tanggal 4 Juli 2019 sebanyak 67 orang.

Menurut Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Karawang, Asep Aang Rahmatullah, mutasi jabatan adalah salah satu upaya penyegaran bagi pejabat struktural yang mendudukinya, dengan harapan mendapat semangat dan inovasi-inovasi baru. Sedangkan promosi jabatan adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

BACA JUGA:  Delapan Rumah Kampung Beting Di Lahap Si Jago Marah 

“Dengan demikian, jabatan bukanlah hak, tetapi merupakan amanat yang berisi serangkaian tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan,” ucap Aang.

Masih kata Aang, Dalam rangka penyelenggaraan kepemerintahan yang baik atau good governance, diperlukan birokrasi yang baik, dimana birokrasi dapat berjalan dengan baik, bila pejabatnya diisi oleh orang yang baik pula. Pejabat yang saat ini dilantik adalah PNS yang mengemban amanah sebagai birokrasi yang baik, sehingga diharapkan dapat mewujudkan pemerintahan yang baik.

BACA JUGA:  Ust Fajar Putra Mahkota Pendiri FBR Almarhum KH. Fadholi Siap Tampil

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kali ini diikuti oleh Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas yang  ditetapkan melaui Keputusan Bupati Karawang Nomor 800/kep.3613/BKPSDM/2019 Tanggal 9 Juli 2019 sebanyak 352 orang, yang terdiri dari eselon III.a sebanyak 8 orang, eselon III.b sebanyak 30 orang, eselon IV.a sebanyak 201 orang, eselon IV.b sebanyak 80 orang, Direktur RSUD 1 orang, kepala puskesmas 14 orang dan korwil sebanyak 18 orang.

“Pada saat pelantikan ini juga dilakukan pengukuhan dan pengisian jabatan pada bagian pengadaan barang dan jasa, bagian administrasi pembangunan dan Dinas Komunikasi dan Informatika berdasarkan peraturan Bupati Karawang nomor 84 tahun 2018, Peraturan Bupati Karawang nomor 9 tahun 2019 dan Peraturan Bupati Karawang nomor 10 tahun 2018,” jelasnya.

BACA JUGA:  Polda Banten dan TNI Jamin Keamanan Pleno KPU Provinsi Banten

Sementara itu Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana merasa bersyukur dengan adanya rotasi mutasi jilid kedua ini karena beberapa jabatan yang kosong di dinas-dinas bisa terisi dengan pejabat definitif.

“Alhamdulillah setelah sekian lama di dinas-dinas terjadi kekosongan, baru hari ini kita bisa melaksanakan pelantikan tahap kedua untuk pejabat Pejabat Administrator (eselon III) dan Pejabat Pengawas (eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, dan ini adalah bentuk amanah dari masyarakat Karawang yang berharap ada perubahan dan peningkatan kinerja yang diberikan oleh Bapak dan Ibu semua untuk lebih baik lagi kedepannya,” ucap Bupati.(Aziz)

Komentar