oleh

Bupati Optimis Garut Raih Kembali Swasti Saba Wistara

KabarToday, Garut,-  (29/8/2019)-Berbekal penghargaan sebelumnya (2017), Kabupaten Garut menyatakan optimisnya meraih kembali penghargaan Swasti Saba Wistara sebagai penghargaan level tertinggi dari Kemenkes Program Kabupaten/Kota Sehat, (29/8/2019).

Setidaknya hal itu yang tersirat, saat Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, M.Hum, MP menerima Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional di Aula Bappeda Kabupaten Garut, Senin malam (26/8).

Bupati Rudy menegaskan, Kabupaten Garut pada prinsipnya sudah siap menerima verifikasi dari tim penilai kabupaten sehat tingkat pusat. “Saya persilahkan tim penilai memeriksa secara acak titik yang akan dinilai, diluar titik yang telah disiapkan oleh Forum Garut Sehat,” ujarnya.

BACA JUGA:  OK Henry : Untuk Kelanjutan Pembangunan, Sergai Butuh Sentuhan Harmonis

Rudy menambahkan, dari tatanan yang menjadi indikator penilaian, Garut mengikuti lima tatanan, yaitu Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, dan Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, “papar Bupati.

Sementara itu ketua Tim dr. Carolina R. Akib yang khusus bertugas dalam Bidang Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri mengatakan, penganugerahan Swasti Saba sendiri diadakan setiap dua tahun sekali dan merupakan kerja sama antara Menteri Dalam Negeri bersama Menteri Kesehatan melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005, Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

BACA JUGA:  Hari Bakti Dokter Indonesia Ke 111, IDI Rogojampi Gelar Pengobatan Gratis

Carolina berharap Garut meraih target yang diinginkan, apalagi memiliki bekal penghargaan sebelumnya,” harapnya optimis.

Kabupaten Garut merupakan salah satu dari 16 kabupaten/kota yang lolos verifikasi bedah dokumen dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Dalam penghargaan ini, terdapat tiga kategori yaitu Swasti Saba Padapa (pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (pembinaan), dan Swasti Saba Wistara (pengembangan).

BACA JUGA:  Pemkab Labuhanbatu Terkesan Diskriminasi, Dana Hibah KNPI TA 2019 Jadi Masalah

Tim Verifikasi diketuai dr. Carolina R. Akib dari Kementrian Kesehatan RI. Didampingi Hardianto, S.Pd dari Kementrian Dalam Negeri, serta 7 orang dari Pemprov Jabar, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dan dari Biro Yanbangsos Setda dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Turut hadir dalam penyambutan, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Sekretaris Daerah (Sekda) Deni Suherlan, Asisten Pemkesra Nurdin Yana, dan beberapa kepala SKPD, termasuk jajaran pengurus Forum Garut Sehat dan para camat. *(Biro Garut/Tim)

Komentar