oleh

Buuum! Satu Indekos Di pinggir Sungai Ciliwung Longsor

-Aktual-255 views

Kabartoday, Jakarta Timur,- Satu rumah yang digunakan indekos di RT 10/06 kelurahan Bidaracina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur yang terletak di bantaran Kali Ciliwung longsor pada Minggu (17/3/2019) sekira pukul 01.15 WIB.

Noce (40), warga RW 06 yang rumahnya terletak depan lokasi longsor mengatakan saat kejadian tiga penghuni kos dan satu empat anggota keluarga berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Meski hanya bagian belakang yang terdampak, besarnya puing yang ambruk ke Kali Ciliwung membuat warga yang sedang terlelap kaget dan ikut berhamburan keluar rumah.

BACA JUGA:  Sudah Bergaji Ratusan Juta, Masih Korupsi Dirut BUMN Ini Disebut Greedy (Rakus)

Pas kejadian bunyi puing yang jatuh kencang, sampai kedengaran ke rumah saya. Bagian yang kosan yang longsor itu gudang, kalau yang rumah kena bagian dapur,” kata Noce di Jatinegara, Jakarta Timu, Senin (18/3/2019).

Noce menuturkan tak ada korban jiwa atau luka dalam musibah tersebut, namun dia tak mengetahui pasti berapa kerugian materil dua pihak yang terdampak longsor.

Longsor yang terjadi di wilayah RW 06 sendiri bukan pertama kali terjadi, tahun lalu satu permukiman warga yang berada di bantaran Kali Ciliwung juga ikut terdampak.

BACA JUGA:  Pentingnya Pendidikan Qur'ani di Era Disrupsi dan Post Truth

“Yang nge-kos udah pindah, tapi saya enggak tahu pindah ke mana. Karena yang rusaknya parah ya rumah yang jadi kosan ini. Kalau yang rumah penghuninya enggak pindah, mereka cuman kena sedikit bagian dapur,” ujarnya.

Ketua Lembaga Masyarakat Kota (LMK) Kelurahan Bidaracina, Bambang Basuki mengatakan belum mengetahui secara pasti bagaimana penanganan puing rumah yang jatuh ke aliran Kali Ciliwung.

BACA JUGA:  Seorang Wanita Tewas Tertabrak Kereta Api di Depan Polsek Waru Sidoarjo

Menurutnya perangkat Kelurahan Bidaracinamasih menunggu bagaimana penanganan yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam penanganan.

“Untuk masalah puing belum tahu, kita masih menunggu pihak terkait. Kemarin pak Wali Kota sudah datang meninjau, tim biru juga datang. Tapi soal masalah puing belum ada tahu bagaimana pastinya,” kata Bambang.

Lantai dasar indekos merupakan bagian yang terdampak longsor paling parah, sementara tembok kamar di lantai atas yang jadi kamar tampak retak parah.

Komentar