oleh

Cegah Pengerahan Masa Jelang Keputusan MK, Satlantas dan Sabhara Polres Situbondo Gelar Operasi

Kabartoday, SITUBONDO – Untuk mengantisipasi pengerahan massa menjelang keputusan sidang PHPU Mahkamah Konsitusi (MK) dan kejahatan jalanan serta aksi-aksi lainnya, Satuan Lalu Lintas dan Shabara Polres Situbondo Selasa (25/6/19) malam menggelar operasi cipta kondisi di depan Mapolsek Panji, Jalan Raya Basuki Rahmat Situbondo.

“Operasi Cipta Kondisi ini dilakukan untuk mengantisipasi dan kewaspadaan dini adanya aksi pengerahan massa menjelang keputusan sidang PHPU MK dan kejahatan jalanan. Operasi ini juga akan terus dilakukan pada malam-malam berikutnya,” terang Kasat Lantas Situbondo AKP Hendrix K. Wardana, SH, SIK, MH saat memimpin operasi.

Diungkapkan Kasatlantas, operasi ini dilakukan untuk upaya pencegahan dini pengerahan massa ke Jakarta yang melintas di wilayah hukum Polres Situbondo.

BACA JUGA:  Perduli Bencana Jayapura GOJEK Salurkan Bantuan Untuk Lebih dari 3000 Keluarga

“Semua kendaraan kita periksa barang bawaannya maupun kelengkapan surat-suratnya. Operasi ini sebagai langkah antisipasi serta meningkatkan kewaspadaan dini terhadap aksi pengerahan massa menjelang keputusan sidang PHPU MK dan aksi kriminalitas jalanan,” tuturnya.

Dalam operasi ini, sambung Kasat Lantas, petugas juga melakukan pengecekan terhadap sejumlah barang yang mencurigakan, misal barang barang berbahaya seperti bahan peledak dan senjata api serta senjata tajam.

“Sasaran paling utama dalam ofensif ini adalah melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen berkendara dan identitas, selanjutnya barang bawaan yang mencurigakan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Begini Nasib Penjual Sayur Yang Mengaku Jadi Korban Begal

Dalam razia yang berlangsung tadi malam, imbuh Kasat Lantas, belum ditemukan adanya indikasi kejahatan jalanan. Razia serupa akan dilakukan di beberapa tempat yang berbeda.

”Selain untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan, operasi ini juga untuk mencegah adanya gerakan aksi-aksi lainnya yang melintasi diwilayah hukum Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, SH, SIK, MH mengatakan bahwa, kegiatan patroli dan razia kendaraan di jalur pantura Situbondo untuk memastikan kamtibmas dan juga mengantisipasi adanya pengerahan masa menuju Jakarta menjelang putusan PHPU di Mahkamah Konstitusi.

BACA JUGA:  Terharu..., Putri Lahir Kedunia Sang Prajurit TNI, Adzan-kan Lewat Video Call

“Alhamdulillah dalamr razia tadi malam situasi tetap kondusif tidak ditemukan penumpang atau warga yang menuju ibu kota maupun benda-benda berbahaya. Saya berharap, masyarakat Situbondo tidak ada yang bergeser ke Jakarta, Sebagai bentuk antisipasi, Polres Situbondo juga menyiagakan personil gabungan TNI Polri untuk menjaga kamtibmas tetap aman khususnya di wilayah Pantura Situbondo,” ujarnya.

Sekedar informasi, dalam operasi tersebut dikerahkan 35 personil gabungan fungsi dan Polsek dan terjaring mobil pribadi anggota DPRD Situbondo. Saat diperiksa tak ditemukan barang-barang yang membahayakan. (her)

Caption : Situasi pemeriksaan kendaraan oleh Satlantas dan Sabhara Polres Situbondo

Komentar