oleh

Cikuray Gunung Tertinggi di Garut Terbakar

-Aktual, Daerah-489 views

Kabartoday, Garut,- Kebakaran hutan di Gunung Cikuray terjadi pada Minggu sore (13/10/2019) sekitar pukul 17:10 WIB. Hektaran lahan di jalur pendakian menuju Gunung Cikuray terbakar, kebakaran tidak hanya di jalur pendakian saja, perkebunan milik warga yang ada disekitar pun turut terbakar, hingga informasi ini disiarkan api masih berkobar dan belum bisa diprediksi berapa luas lahan yang terbakarnya,

BACA JUGA:  Begini Cara Selamatan Tolak Bala Ala Warga Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan terbakarnya kawasan Gunung Cikuray terjadi sejak sore hari.

“Kawasan terbakar terjadi sekitar pukul 17.10 WIB. Yang terbakar ini masuk ke wilayah Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, lahan yang terbakar adalah di areal jalur pendakian dan kebun di sekitar Gunung Cikuray yang jarak lokasi kebakaran ke perkampungan warga sekitar 5 kilometer.

BACA JUGA:  Gara-Gara Foto Suapin Es Krim, Mr Kan dan Jokowi Beda Nasib

“Proses pemadaman sedang dilakukan hingga malam ini, pukul 23:15 WIB (…*red). Posisi kebakaran terus meluas dengan cepatnya karena dipicu oleh kencangnya angin yang meniup kobaran api sehingga cukup sulit dipadamkan.

Akses ke lokasi kebakaran cukup sulit, hingga saat ini proses pemadaman tengah dilakukan pihaknya bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Masyarakat dan Volunteer Gunung Cikuray,” kata Kabid.

BACA JUGA:  Terkait Dugaan Pungli Di Panti Baladewa PSNTD TebingTinggi, Aparat Hukum Diminta Lidik

“Tadi saya menerima informasi bahwa Muspika Bayongbong juga menurunkan tim ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api karena khawatir merembet ke pemukiman warga. Dari Koramil Bayongbong, sejumlah anggota TNI juga Polsek setempat saat ini sedang menuju lokasi kebakaran, juga dari Polsek,” ucapnya. *(Alam)

Komentar