oleh

Dampak Covid-19, Brimob Maluku Bagi Sembako dan Takjil

Kabartoday, AMBON – Invasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih terus menghantui wilayah Indonesia termasuk Maluku. Jumlah kasus positif Covid-19 masih terus bertambah. Demikian pula di Maluku. Walaupun fakta juga menunjukan banyak pasien positif Covid-19 yang sembuh. Namun ancaman serta dampak Covid-19 masih terus dirasakan masyarakat. Apalagi saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah tahun 2020 ini.

Dengan kondisi ini, Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Maluku tetap menunjukan kepedulian terhadap masyarakat ekonomi lemah yang sangat terdampak Covid-19 ini. Berbagai cara dilakukan pasukan elite Polri ini untuk membantu masyarakat di Maluku khususnya di Kota Ambon.

Terkini, Satuan Brimob menggelar bakti sosial Senin (27/4/2020) yang juga bertepatan dengan hari ke empat puasa di bulan Ramadhan 2020 ini. Sejumlah kegiatan sosial yang menyentuh langsung masyarakat dilaksanakan dari pukul 15.30 WIT hingga pukul 17.30 WIT. Kegiatan sosial yang dilaksanakan yaitu pengadaan dapur lapangan untuk membagikan takjil (makanan buka puasa) kepada masyarakat di beberapa lokasi di Kota Ambon serta pembagian sembako ke sejumlah masjid di Kota Ambon.

BACA JUGA:  Suara.com Publish FPI dan Pemprov DKI Restui Nasi Campur Babi, Rumah Makan Emanuel Tebet Minta Maaf

Untuk kegiatan bakti sosial ini, pasukan Brimob dibagi dalam tiga tim. Tim pertama dipimpin Wakil Komandan Batalyon A Pelopor Iptu Nuslawery, tim kedua dipimpin Komandan Kompi 1 Batalyon A Pelopor Iptu Nur Saleh dan tim ketiga dipimpin Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu Wahidin Sapsuha.

Personil Brimob Polda Maluku sedang membagikan takjil kepada masyarakat di sekitar Dusun Taeno, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/4/2020)

Tugas tim pertama yang dipimpin Iptu Nuslawery adalah mendistribusikan bantuan sembako ke beberapa masjid di Kota Ambon. Sedangkan tugas tim kedua yang dipimpin Iptu Nur Saleh dan tim ketiga yang dipimpin Iptu Wahidin Sapsuha adalah melaksanakan kegiatan dapur lapangan untuk berbagi takjil kepada warga Kota Ambon.

Ada tujuh lokasi yang menjadi sasaran kegiatan dapur lapangan untuk pengadaan takjil kepada masyarakat. Lokasi-lokasi tersebut antara lain empat kawasan di Desa Baru Merah Kecamatan Sirimau yaitu Kebun Cengkeh, Ahuru, Gadihu dan kawasan STAIN. Kemudian dua lokasi di Kecamatan Teluk Ambon yaitu kawasan Baru Koneng serta Bunuh dan satu lokasi lainnya di kawasan Telaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

BACA JUGA:  Segi Tiga Emas di Jabar Bakal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Terbesar

Kegiatan momentum berbagi ini merupakan program Korps Brimob Polri dengan mengusung tema “Bhakti Brimob Untuk Masyarakat“. Ini merupakan salah satu wujud kepedulian Brimob terhadap masyarakat Kota Ambon yang terdampak Covid-19 di tengah suasana Bulan Suci Ramadhan.

Kepala Satuan (Kasat) Brimob Polda Maluku Kombes Pol M Guntur mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat kurang mampu serta menurun pendapatan ekonomi akibat dampak Covid-19 serta membantu warga yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Kombes Pol M Guntur,S.IK,MH – Kasat Brimob Polda Maluku

“Bhakti sosial ini kami dari satuan Brimob gelar tujuannya untuk membantu masyarakat kurang mampu akibat dampak pandemi Covid-19 ini,” jelasnya Senin (27/4/2020).

Selain itu, Guntur katakan pula bakti sosial dengan pengadaan dapur lapangan di beberapa lokasi adalah untuk membantu masyarakat beragama Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Menurutnya, terkadang karena tuntutan kerja untuk menafkahi keluarga, ada warga yang masih tetap beraktivitas hingga saat menjelang waktu untuk buka puasa. Seringkali pula karena pekerjaan itu, mereka sampai lupa untuk menyiapkan bekal untuk berbuka puasa.

BACA JUGA:  Pembobol Rumah Ini Nyaris Tewas Dihakimi Massa

“Dengan pengadaan dapur lapangan ini, kita siapkan takjil dan kita bagikan kepada warga yang akan berbuka puasa,” ujar komandan pasukan elit Polri di Polda Maluku ini.

Sejumlah personil Brimob Polda Maluku tampak sedang menjadi koki dadakan dalam kegiatan dapur lapangan untuk menyediakan takjil yang akan dibagikan kepada masyarakat yang akan berbuka puasa.

Pantauan media ini, sejumlah personil Brimob dengan kendaraan menyambangi beberapa masjid di Kota Ambon. Mereka membawa sembako untuk dibagikan kepada masyarakat. Seperti yang terlihat di halaman Masjid Ukhuwah di kawasan Kapaha Kelurahan Pandan Kasturi Kecamatan Sirimau. Di halaman masjid terlihat satu unit mobil patroli Brimob membawa sembako dan dibagikan kepada masyarakat.

Penyaluran paket sembako ini pun disambut baik dengan rasa syukur oleh masyarakat Kota Ambon. Salah satu warga penerima sembako merasa sangat bersyukur dan terbantu sekali dengan adanya pemberian sembako ini.

“Terima kasih banyak saya ucapkan kepada bapak-bapak Brimob yang telah membagikan sembako kepada kami di tengah pandemi virus Corona yang bertepatan dengan Bukan Suci Ramadhan. Semoga bapak-bapak sekalian mendapatkan rejeki dan amal yang melimpah,” ungkap warga tersebut.

Warga tersebut mengaku kehadiran Brimob Polda Maluku diharapkan bisa memberikan peran penting untuk bisa membantu masyarakat khususnya membantu kebutuhan pangan serta membagikan takjil bagi warga masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa di tengah merebaknya pandemi Covid-19. (Manuel)

Komentar