oleh

Dampak Covid-19, Polsek KPYS Ambon Bagi Sembako ke Tukang Becak

Kabartoday, AMBON – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum berhenti menyerang belahan dunia termasuk Indonesia. Provinsi Maluku pun tak luput dari invasi virus ini. Hingga Senin (27/4/2020) sudah ada 22 kasus positif Covid-19 di Maluku. 11 diantara pasien positif ini berhasil sembuh.

Covid-19 ini bukan hanya menyerang langsung manusia, namun dampaknya ikut menghantam kehidupan ekonomi masyarakat. Pemberlakuan social distance dan physical distance membuat para pekerja sektor informal kelimpungan. Di Maluku diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Regional (PSBR). Akibatnya, pendapatan harian para pekerja sektor informal sangat menurun drastis. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap daya tahan hidup masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini.

Bila keadaan ini masih terus berlanjut dan tidak ada perhatian khusus bagi para pekerja sektor informal untuk dapat bertahan hidup, dikhawatirkan bisa terjadi resistensi serta rawan gangguan Kamtibmas.

Mencermati kondisi ini, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Puau Lease, AKP Arief Budiharso bersama anggotanya menunjukan kepedulian terhadap para pekerja sektor informal. Rasa simpati dan empati mereka kali ini dikhususkan untuk para tukang becak yang setiap saat mangkal di depan Markas Komando Polsek KPYS. Para tukang becak ini mendapat hadiah dari Kapolsek KPYS berupa sembako yang dibagikan Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA:  Kades Kerta Jaya di Duga Curi Arus Listrik

Kapolsek KPYS Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso mengatakan pemberian bantuan sembako kali ini difokuskan kepada para tukang becak.

Kapolsek KPYS Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso,SH,SIK

“Iya, kegiatan kita pagi ini dari Polsek KPYS Ambon adalah membagikan sembako kepada saudara-saudara kita yang bekerja di sektor informal. Kali ini kita sasar ke para pengayuh becak yang selalu mangkal di depan Mako Polsek KPYS,” jelas Arief, Selasa (28/4/2020) pagi usai membagikan paket sembako.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian personil Polsek KPYS Ambon terhadap para pekerja sektor informal khususnya tukang becak yang juga terkena dampak Covid-19.

BACA JUGA:  Tak Kantongi Ijin Resmi, Ternak Sapi Suwono Terancam Disegel

Mantan Kasatreskrim Polres Maluku Tenggara ini sangat yakin pendapatan para tukang becak menurun jauh karena minimnya penumpang akibat pemberlakuan social distance dan physical distance oleh pemerintah. Apalagi sekarang ini sudah berada di bulan Ramadhan dimana umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Karena itu, kali iniĀ  Arief mengkhususkan pembagian sembako kepada para tukang becak agar bisa dimanfaatkan bersama keluarga.

“Para pengayuh becak yang sering mangkal di depan kantor kita ini sudah seperti teman dan saudara bagi kami di Polsek KPYS. Mereka ini juga sering membantu kami. Karena itu sudah sewajarnya kami beri sedikit perhatian kepada mereka dengan memberikan sembako,” ujar Arief.

Pantauan media ini, pembagian sembako dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIT. Tampak Kapolsek KPYS AKP Arief Budiharso bersama beberapa anak buahnya menyambangi para tukang becak yang saat itu sedang mangkal di depan Mapolsek KPYS. Terlihat ada Wakapolsek Ipda Abdul Kadir Kiat, Kanit Intelkam Bripka Eko Prahanoto, Kanit Provoost Bripka J Tortet serta beberapa personil Polsek lainnya. Sambil menenteng dua paket sembako, Arief menyalami para tukang becak sambil meletakan paket sembako di dalam becak.

BACA JUGA:  Keluarga Besar Alumni UGM Susun Konsep Infrastruktur Transportasi Riau
Wakapolsek KPYS Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Abdul Kadir Kiat memberikan bantuan sembako kepada tukang becak di depan Mapolsek KPYS Ambon Selasa (28/4/2020).

Kemudian Wakapolsek KPYS Ambon Ipda Abdul Kadir Kiat bersama anggota lainnya turut membagikan sembako kepada tukang becak lain yang berada di depan Mapolsek.

Mendapat hadiah sembako ini membuat gembira para tukang becak. Mereka tak menyangka mendapat perhatian dari Polsek KPYS. Menurut mereka, sembako yang diterima ini sangat berharga untuk membantu kehidupan keluarga ditengah badai pandemi Covid-19 ini.

“Kami berterima kasih kepada bapak Kapolsek Pelabuhan serta semua anak buahnya yang sudah memberi perhatian. Sembako yang diberikan ini cukup membantu kehidupan kami untuk beberapa hari ke depan. Karena saat ini kami kehilangan pendapatan sebab kurang penumpang,” kata La Made, mewakili para tukang becak.

Sebagai ungkapan syukur atas bantuan sembako ini, La Made bersama rekan-rekannya meminta semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi, menjaga dan melapangkan berkah serta rejeki kepada Kapolsek KPYS AKP Arief Budiharso bersama seluruh anggotanya. (Manuel)

Komentar