oleh

Demo Buruh Sidoarjo Tuntut Kenaikan UMK Rp 4,2 juta

Kabartoday.Sidoarjo – Menjelang Kenaikan upah minimum pada bulan Januari 2020, aksi demonstrasi buruh di Kabupaten Sidoarjo kembali digelar. Ratusan buruh yang tergabung dari sebelas serikat kerja ini turun kelapangan menuntut Upah Kerja Kabupaten (UMK) senilai Rp. 4.2 juta.

Masa demotrans

Aksi yang berlangsung di kawasan Jalan jati,jalan Pahlawan menuju ke Pendopo Sidoarjo, Selasa (5/11/2019). meminta kenaikan upah minimal sesuai PP 78/2015 kepada Bupati yang nantinya diteruskan ke Gubernur Jawa Timur sebelum tanggal 21 November 2019 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menerima 11 perwakilan serikat buruh untuk duduk bersama-sama. Inti pembicaraan buruh meminta Bupati segera melakukan pertemuan dengan DPRD Sidoarjo dan asosiasi Pengusaha Sidoarjo untuk membahas kesepakatan bersama.

BACA JUGA:  Amnesty Internasional Minta Polri Bawa Anggotanya Ke Peradilan Umum

Sementara itu Ketua SPSI Jawa Timur Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya meminta kenaikan UMK paling rendah sesuai PP 78/2015 yaitu sebesar 8,51 persen yang sebelumnya, Rp. 3.876.000 menjadi Rp. 4.193.000 (empat juta seratus sembilan puluh tiga ribu rupiah).

Dari berbagai usulan yang disampaikan dari beberapa perwakilan buruh, Bupati Sidoarjo mengatakan segera melakukan pertemuan secara triparti dan pada hari senin besok sudah ada penentuan nilai UMK yang dikirimkan ke Gubernur Jawa Timur.

BACA JUGA:  Merusak Musholla, Orang Bertato dan Bau Minuman Keras Ini Ngaku Ngak Waras

“Kami akan segera melakukan pertemuan senen besok untuk menyampaikan tuntutan teman-teman buruh yang akan kita kirim nanti ke Gubernur Jawa Timur, semoga tuntutan ini menjadi perhatian khusus beliau. “pungkasnya.[]Try Agust

Komentar