oleh

Dibekuk Setelah Setahun Mencuri, Aparat Sita 114 Batang Kayu Jati Dari Rumah Pelaku

Kabartoday, BANYUWANGI – Kendati sudah pasti bakal ditangkap, namun para pelaku pembalakan liar masih saja marak dan berani melakukan aksinya. Bahkan yang terbaru, pelaku pembalakan liar setahun lalu berhasil diseret dan dimasukkan kedalaman tahanan oleh aparat. Waktu yang sudah lama tidak akan mempengaruhi aparat berwenang untuk tetap memproses hukum jika memang terbukti bersalah.

Seperti yang terjadi pada Gito, (39), warga Lingkungan Papring, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro. Pria ini akhirnya ditangkap petugas gabungan dari kepolisian dan Perhutani di rumahnya. Dia diduga melakukan aksi pencurian kayu jati pada tahun 2018 lalu.

“Saat melakukan patroli gabungan bersama Polmob KPH Banyuwangi Utara dan Polsek Kalipuro, diperoleh informasi dari masyarakat bahwa ada kayu ilegal di rumah salah satu warga. Selanjutnya, kita langsung mendatangi lokasi dan benar ditemukan kayu jati yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah dari instansi berwenang,” kata Kapolsek Kalipuro, AKP Jaenur Holik, melalui Kanit Reskrim Ipda Suyono, Kamis (3/10/19).

BACA JUGA:  Pembakar Mobil Brimob di Slipi Diburu Polisi, Aktivis Minta Ungkap Faktanya

Kayu yang diduga ilegal itu ditemukan di rumah Gito. Seluruh kayu jati tersebut sudah dalam bentuk papan sebanyak 114 batang. Sebanyak 19 batang ditemukan di dalam rumah Gito, sementara sisanya ditemukan di sekitar rumahnya. Kayu-kayu tersebut kemudian dibawa ke TPK Kalipuro untuk dijadikan barang bukti.

Kanit Suyono menambahkan, diduga kayu jati tersebut dicuri tersangka dari petak 76B Kelas Hutan KU III Jati, RPH Gombengsari, BKPH Ketapang yang hilang pada Desember 2018 lalu. Di tempat itu, petugas Perhutani menemukan dua tunggak tanaman jati. Atas kejadian itu, pihak Perhutani menderita kerugian sebesar Rp 3.825.000.

BACA JUGA:  K3S Kampar Serahkan 60 Paket Lebaran

“Atas perbuatannya, pelaku kita jerat dengan Pasal 82 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan atau pasal 363 KUHP,” tegas Suyono. (HS) 

Caption : Tersangka Gito, kini ngandang di Mapolsek Kalipuro

Komentar

News Feed