oleh

Diduga Gelembungkan Suara Caleg DPR RI, PPK & PPS se Kecamatan Wongsorejo dilaporkan ke Bawaslu

Kabartoday, BANYUWANGI – Di duga ada penggelembungan suara salah satu caleg DPR RI asal Partai Gerindra, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Wongsorejo dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) seluruh desa di wilayah Kecamatan Wongsorejo dilaporkan ke Bawaslu Banyuwangi.

Sedangkan Bawaslu Banyuwangi sendiri membenarkan adanya laporan dugaan penggelembungan suara tersebut. Kasus ini dilaporkan Eko Susilo Hidayat yang juga merupakan caleg DPR RI asal partai yang sama.

“Kami sudah memanggil pelapor untuk kami lakukan klarifikasi, “kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman, Senin (13/5/19).

BACA JUGA:  Aktivis Lieus Orasi Minta Pengadilan Tinggi Kabulkan Penangguhan ADP

Ditambahkan Anang, dalam pekan ini pihaknya akan memanggil saksi-saksi terkait kasus ini. Ada sekitar 7 saksi yang akan dipanggil untuk dimintai klarifikasi. Selanjutnya setelah semua saksi selesai dimintai keterangan, barulah terlapor akan dipanggil.

Dijelaskannya, berdasarkan temuan dan informasi dari tim, ditemukan dugaan penggelembungan dan penambahan suara ke salah satu caleg DPR RI tersebut. Pelapor juga menyerahkan beberapa barang bukti berupa lampiran DA1 DPR dan CD berisi rekaman suara.

BACA JUGA:  Pengendara Sepeda Motor Tabrak Bus Mitsubishi Mikro Hingga Tewas

“Laporannya kami terima pada 3 Mei 2019 lalu, “kata Anang.

Sementara komisioner KPU Banyuwangi Edi Saiful Anwar, dikonfirmasi soal dimaksud menyatakan, jajarannya sudah menjalankan tugas sesuai aturan yang ada. Sehingga proses penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Kalau memang ada laporan seperti itu, ya kami ikuti saja prosesnya, “lontarnya. (HS)

Komentar