oleh

Diikuti 200 Peserta, Ijen Rijik Dibuka Kepala BBKSDA Jatim

Kabartoday, BANYUWANGI – Program Ijen Rijik atau Ijen Bersih pada Jumat (2/8/19) pagi di Minggu pertama bulan Agustus kali ini berlangsung lancar. Kurang lebih 200 peserta tampak mengikuti program Jum’at bersih yang resmi dicanangkan di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen setiap hari Jum’at pekan pertama sejak bulan Maret 2019 lalu.

Untuk pendakian para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dan juga semua aktivitas menuju TWA Kawah Ijen, di hari Jumat bersih ini ditutup sepenuhnya.

Yang istimewa, Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Dr. Nandang Prihadi, S.Hut., M.Sc berkenan hadir ditengah tengah ratusan peserta yang terdiri dari berbagai elemen serta menjadi irup dalam upacara Ihen Rijik di Paltuding Camping Ground. Dalam arahannya, Nandar Prihadi menyampaikan apresiasinya atas kepedulian semua pihak yang dengan sukarela berpartisipasi melakukan bersih bersih di kawasan TWA Kawah Ijen.

BACA JUGA:  Fery Tanaya Jawab Tantangan Kajati Maluku Soal Kasus Lahan PLTMG Pulau Buru

“Luar biasa kepedulian saudara saudara semuanya, terimakasih dan semoga aksi bersih bersih Ijen ini bisa semakin kita tingkatkan. Sehingga kawasan TWA Kawah Ijen yang sama sama kita miliki ini menjadi kawasan wisata yang bisa menjadi percontohan kebersihannya,” ujar Nandar Prihadi.

Sementara Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember, Setyo Utomo, SH., M.Si maupun Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BBKSDA Jatim, Sumpena, senada juga berharap agar seluruh stakeholder maupun warga masyarakat yang peduli kawasan TWA Kawah Ijen merasa memiliki atas keberadaan wisata yang dikenal dengan ‘Blue Fire’ nya ini.

BACA JUGA:  Dengan Dialogis Tercipta Hubungan Harmonis Antara Polisi dan Warga

“Dengan demikian, keberadaan TWA Kawah Ijen tidak saja menjadi tanggung jawab kita sebagai pengelola, namun juga menjadi perhatian bagi seluruh warga masyarakat yang cinta dengan TWA Kawah Ijen,” lontar Setyo Utomo diamini Sumpena.

Pantauan media ini dilapangan, terlihat ratusan peserta Ijen Rijik selain dari karyawan BBKSDA Jatim, KSDA Wilayah III Jember dan Wilayah Konservasi V Banyuwangi, juga tampak peserta lainnya dari komunitas guide, pekerja belerang, para pemilik warung diseputar kawasan. Bahkan tidak lupa Mbah Heri Purwanto koordinator dan sesepuh Pos Pengamat Gunung Api ikut pula mangayubagyo dalam acara Ijen Rijik yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga pukul 08.30 WIB tersebut.

Peserta umum yang langsung hadir diantaranya dari DOC LAI Banyuwangi Divisi Sosial dan Lingkungan Agus Hariyanto bersama anggotanya, juga dari Mapala Uniba Andrew Tole serta Fikri dari Mapala Universitas Tanjungpura (Untan) Kalimantan Barat. Tidak ketinggalan peserta dari Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi, Dinas Pariwisata Banyuwangi serta Muspika Licin. Selain itu ada FK3I, 851 Rescue, Komunitas Jeep Wisata, PT. Candi Ngrimbi, Pesona Tamansari, dan Penyedia Jasa Wisata Alam Kawah Ijen. (HS) 

Caption : Kepala BBKSDA Jatim Nandar Prihadi saat menjadi irup upacara pembukaan Ijen Rijik dan aksi peserta Ijen Rijik serta swafoto Kepala BBKSDA Jatim, Ka. Seksi Konservasi V Banyuwangi bersama pembina DPC LAI Banyuwangi serta Mbah Heri Purwanto sesepuh pengamat Gunung Api Ijen

Komentar